iPhone X Lebih Mahal dari Galaxy Note 8, Ini Penyebabnya

iPhone X Lebih Mahal dari Galaxy Note 8, Ini Penyebabnya

Photo: Net/Ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Apple akan segera menggelar sebuah acara di Kampus Apple yang berada di California, Amerika Serikat. Acara tersebut kemungkinan besar merupakan peluncuran perangkat smartphone terbaru serta beberapa teknologi lainnya yang telah diproduksi perusahaan asal Amerika itu.

Seperti dilansir Oketekno.com, Kamis (07/09/2017), untuk smartphone Apple ada 3 perangkat terbaru yang siap diluncurkan, yakni iPhone 7s, iPhone 7s Plus, dan iPhone 8 yang paling menarik perhatian publik.

Bahkan, beberapa waktu terakhir ini muncul perspekulasi bahwa iPhone 8 memiliki penamaan berbeda, yaitu iPhone X, karena akan mengusung banyak fitur canggih dan modern. Terlebih dikabarkan bahwa iPhone 8 akan mengusung internal ROM sebesar 512Gb yang belum pernah diterapkan pada smartphone manapun sebelumnya.

iPhone yang satu ini dibanderol dengan harga cukup fantastis, yakni mencapai US$ 1.199 atau setara dengan Rp.16 jutaan. Tentu harga sebesar itu jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan Samsung Galaxy Note 8 yang sudah diluncurkan di Amerika Serikat beberapa pekan lalu dengan dibandrol harga sekitar 929.99 USD, atau setara Rp.12 jutaan.

Muncul pertanyaan mengapa harga iPhone 8/X jauh lebih mahal dibanding Galaxy Note 8. Menurut salah satu sumber media bernama KGI Securities, bahwa harga yang dibayarkan oleh Apple kepada Samsung untuk memenuhi pemasokan teknologi Layar OLED memang cukup tinggi. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa harga iPhone 8/X lebih mahal jika dibandingkan dengan smartphone premium lainnya, salah satunya Galaxy S8.

Karena, harga untuk membeli OLED 2 kali lebih mahal bila dibandingkan dengan panel LCD yang telah diterapkan pada iPhone 7 dan iPhone 7s. Dimana harga per unitnya mencapai 120 hingga 130 USD.

Atas alasan itulah Apple juga menggandeng beberapa vendor smartphone lainnya untuk menggunakan panel OLED untuk mempertahankan tampilan OLED lebih stabil.

Selain itu, Apple pun ingin menciptakan persaingan harga dari kedua pemasok panel tersebut. Untuk saat ini perusahaan smartphone yang bakal menggunakan panel OLED adalah LG.

Kita nantikan saja peluncuran resminya dalam beberapa hari kedepan, dan saksikan pula apa saja yang menjadi kelebihan iPhone 8 atau iPhone X ini. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles