Kades Sukamukti Banjar; Program Pipanisasi Telah Mampu Hasilkan PADes

19/09/2017
Kades Sukamukti Banjar; Program Pipanisasi Telah Mampu Hasilkan PADes

Kepala Desa Sukamukti, berfoto bersama dua orang warganya yang ikut dalam pembangunan gedung serba guna Desa Sukamukti. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Hingga saat ini, Pemerintah Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, terus menggenjot sejumlah kegiatan di bidang infrastruktur yang dibiayai dari dana transfer Tahun Anggaran (TA) 2017. Salah satunya pembangunan lanjutan aula/gedung serba guna yang direncanakan rampung tahun 2017 ini.

Saat ditemui Koran HR, Selasa (12/09/2017) lalu, Kepala Desa Sukamukti, H. Yosep Firmansyah, di dampingi sekretarisnya, Nana Juhana. SH., menjelaskan, pembangunan lanjutan gedung serba guna secara keseluruhan akan selesai pada tahun ini, tinggal sarana pendukungnya saja yang belum, seperti ruang ganti dan kesekretariatan.

Selain finishing gedung serba guna, pihaknya juga telah merealisasikan program pipanisasi air bersih di Dusun Muktiasih, dengan memanfaatkan air dari Sumur Walanda yang ada di wilayah tersebut.

“Ini suatu kebanggaan bagi kami, karena melalui pipanisasi air bersih ini sudah bisa menghasilkan kontribusi bagi PADes sebesar 2 juta rupiah lebih. Sistem pipanisasi ini masih berpotensi untuk dikembangkan,” ungkap Yosep.

Kegiatan bidang infrastruktur lainnya yaitu penataan kawasan wisata Batu Peti yang meliputi pembuatan situ, embung, kirmir dan selokan. Pembuatan jalan keep di dua titik, yakni di Dusun Tembungkerta dan Dusun Muktiasih, pembuatan jalan pemukiman di Dusun Sukahurip, serta pembangunan kirmir TPT jalan menuju Curug Panganten. Kemudian, pemeliharaan kantor desa yang dikonsentrasikan untuk pemeliharaan enam balai dusun.

Menurut Yosep, dari bantuan dana transfer yang diterima pemerintah desa harus bisa berdampak terhadap pendapatan desa. Inilah yang sedang dilakukan oleh Pemerintah Desa Sukamukti.

Upaya mewujudkan hal itu, pihaknya tidak hanya membangun infrastruktur berupa jalan, tapi juga membangun yang nantinya bisa menghasilkan PADes, seperti halnya pipanisasi air bersih dan kawasan wisata Batu Peti, serta BUMDes.

Untuk Desa Wisata, semua potensi yang ada di masyarakat dilibatkan, mulai dari kerajinannya, makanan olahannya hingga tempat wisata. BUMDes juga yang selama ini mati suri dihidupkan lagi dengan menggerakan unit-unit usaha masyarakat. Jadi nanti BUMDes tidak lagi untuk simpan pinjam.

“Saya jadi Kuwu Sukamukti teh hayang manfaat pikeun jalma rea (saya jadi Kepala Desa Sukamukti ini ingin bermanfaat buat orang banyak-red),” tandas Yosep.

Sekretaris Desa Sukamukti, Nana Juhana. SH., menambahkan, untuk pembuatan jalan keep dan pemeliharaan balai dusun akan dibiayai dari Dana Desa (DD) tahap kedua. “Tapi itu belum turun, karena katanya belum keluar dari pusatnya,” pungkas Nana. (Eva/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles