Lupakan Mitos, Ini Penyebab Mata Kedutan

Lupakan Mitos, Ini Penyebab Mata Kedutan

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Kedutan di mata biasanya pertanda akan menangis atau bahkan mendapat keberuntungan, tergantung mata yang mengalami kedutan apakah di bagian atas atau bawah. Mitos seperti itu sudah pasti Anda dengar kan?.

Kita boleh percaya akan mitos seperti itu, namun kalau dilihat dari sisi ilmu kesehatan atau medis, kedutan yang disebut myokymia bukan merupakan sesuatu hal aneh. Menurut Mark Blecher, seorang spesialis bedah mata mengatakan, kedutan di bagian mata umum dialami oleh hampir semua orang.

Nah berikut ini merupakan penyebab terjadinya kedutan mata, sebagaimana dikutip dari Self:

# Stres

Disaat kita mengalami stres baik itu stress ringan ataupun kronik, adrenalin serta  hormon kortisol akan lepas. Lepasnya hormon kortisol ini bisa mengakibatkan otot mata gampang iritas serta jadi lebih sensitif.

# Infeksi kelopak mata

Kedutan mata juga bisa terjadi karena radang kelopak mata yang disebabkan masuknya bakteri ke dalam kelopak mata. Bakteri tersebut tidak hanya menyebabkan radang, namun juga bisa membuat mata menjadi merah sampai otot mata bergetar.  

# Lelah

Tubuh yang lelah karena aktivitas seharian bisa menyebabkan sistem saraf menjadi hiperaktif, tak terkecuali sistem saraf pada mata.

# Kafein berlebihan

Jangan heran jika setelah minum kopi dan makan cokelat, mata Anda akan mengalami kedutan. Pasalnya, kafein yang ada dalam kopi dan cokelat bisa membuat otot dan saraf di sekitar mata menjadi hiperaktif.

Jangan khawatir jika mengalami kedutan mata, karena nanti juga akan sembuh dengan sendirinya. Tapi, apabila kedutan tidak sembuh-sembuh juga, maka segera periksa ke dokter spesialis mata, karena ditakutkan jika dibiarkan akan berakibat fatal yaitu abrasi kornea, mata kering serta gangguan pada saraf. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles