Merinding Saat Mendengarkan Lagu Tertentu? Itu Tandanya Kamu Punya Otak Spesial

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Pernahkah saat mendengarkan musik tertentu tiba-tiba membuatmu merinding? Saking bagusnya, musik tersebut menyentuh hatimu dan membuat perasaanmu campur aduk. Bila kamu pernah mengalaminya, itu adalah tanda yang bagus.

Pengalaman merinding ketika mendengarkan musik memang jarang terjadi, dan tidak semua musik bisa memberi sensasi unik seperti itu. Seorang peneliti bernama Matthew Sachs, lulusan dari Harvard University, mencoba menganalisis orang-orang yang merinding saat mendengarkan musik, dan apa yang menjadi penyebab timbulnya hal itu.

Dia menganalisis 20 mahasiswa, 10 orang diantaranya mengaku suka merinding mendengarkan musik tertentu, dan 10 lagi tidak pernah merasakan merinding mendengar musik. Lalu, Matthew mencoba melakukan scan otak untuk melihat apa yang terjadi di otak mereka.

Hasilnya, peneliti menemukan mereka yang mengalami efek emosional dan fisik (merinding) saat mendengar musik ternyata mempunyai struktur otak yang berbeda, dibandingkan dengan orang-orang yang tak pernah merinding mendengar musik.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Oxford Academic dan Neuroscience itu juga mengungkapkan, bahwa mereka yang merinding saat mendengarkan musik cenderung memiliki serat volume otak lebih padat, yang menghubungkan korteks pendengaran serta area yang memproses emosi. Itu berarti keduanya mampu berkomunikasi dengan lebih baik.

Dengan kata lain, bila kamu merinding dan merasa jantungmu berdenyut lebih cepat, itu berarti kamu tipe orang yang punya emosi kuat dan mendalam. Sedangan, penyebab timbulnya perasaan tertentu terhadap musik yang didengar, salah satunya bisa dipicu oleh kenangan atau memori masa lalu yang berhubungan dengan lagu tersebut. Hal ini tak dapat dikendalikan, ketika mendengar lagu tertentu maka secara otomatis kamu merasa ‘ada yang berbeda.’

Jadi, saat kamu suka lagu tertentu dan merasa merinding atau tiba-tiba galau, itu wajar. Karena kamu punya hati dan perasaan yang mudah tersentuh, hal ini membuatmu menjadi lebih ‘manusia.’ (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar