Musim Hujan Tiba, Waspadai Munculnya 3 Penyakit Ini!

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Musim hujan tiba, kini saatnya kita harus lebih mewaspadai lagi kesehatan. Caranya sederhana, misal dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, diantaranya tidak jajan sembarangan, menjaga kebersihan, dan selalu mencuci tangan sebelum makan.

Dilansir TEMPO.CO, Selasa (26/09/2017), saat musim penghujan sedikitnya ada tiga penyakit yang mengancam, yakni demam berdarah, chikungunya, dan typus atau demam tifoid.

Berdasarkan data yang dirilis oleh WHO, wabah demam berdarah ditandai dengan curah hujan tinggi, serta peningkatan suhu dan kelembaban. Penularan demam berdarah disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, dan gejalanya ditandai dengan munculnya rasa pusing, demam, serta pelemahan imun.

Begitu pun chikungunya, penyakit ini disebarkan melalui nyamuk Aedes Aegypti. Gejalanya meliputi nyeri sendi yang parah dan persisten, serta demam yang serupa dengan demam berdarah.

Dikutip dari berita Antara, penyakit chikungunya biasanya tidak mengancam nyawa. Namun, rasa nyeri sendi bisa berlangsung lama sehingga untuk pemulihan penuh bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan.

Sedangkan, typus atau demam tifoid adalah akut yang disebabkan bakteri salmonella enterica serotype typhi. Dikutip dari laman Webmd, bakteri tersebut tidak hanya bisa menular saat musim hujan.

Karena, bakteri salmonella menyerang manusia dengan cara hidup di dalam air atau makanan yang telah terkontaminasi oleh bakteri tersebut. Jika terkena bakteri ini, manusia akan mengalami gangguan nafsu makan, demam dan diare. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA