Musim Kemarau, Warga Batulawang Banjar Krisis Air Bersih

Musim Kemarau, Warga Batulawang Banjar Krisis Air Bersih

Muso (47), warga Blok Pacor, Dusun Karangsari, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, menjunjukkan salah satu sumur milik warga setempat yang kondisinya sudah mengering. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Musim kemarau yang melanda wilayah Kota Banjar saat ini, membuat sebagian warganya memanfaatkan air sungai untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Seperti halnya di Dusun Karangsari, Blok Pacor, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.

Sejak dua bulan terakhir ini di wilayah tersebut mengalami kekeringan. Sumur-sumur milik warga hampir semuanya mengering, sehingga untuk memenuhi keperluan mandi cuci kakus (MCK), warga memilih mengambil air ke Sungai Ciseel yang volume airnya pun mulai surut.

“Sudah sekitar dua bulan di daerah sini memang kekurangan air bersih. Hampir seluruh sumur milik warga kering, jadi untuk keperluan sehari-hari warga terpaksa mengambil air ke Sungai Ciseel,” tutur Muso (47), warga setempat, kepada Koran HR, saat dijumpai Sabtu (02/09/2017) lalu.

Hal serupa diungkapkan Darman (37), Ketua DKM Masjid Al Mu’minun di Dusun Karangsari, RW.04, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Menurutnya, selain sumur warga, kebutuhan air di masjid untuk wudlu juga sangat kurang.

“Warga di sini memang sangat membutuhkan air, terutama air bersih untuk kebutuhan hidup sehari-hari,” ungkap Darman.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) Kota Banjar, Yayan Herdiaman, saat dihubungi HR via ponselnya, Senin (04/09/2017) lalu, berjanji pihaknya akan mendistribusikan air bersih ke wilayah Blok Pacor.

Dia juga menyebutkan, selain Pacor, kekurangan air bersih terjadi pula di beberapa wilayah lain di Kota Banjar. Bahkan, pihaknya pun kini sedang mendistribusikan air bersih ke wilayah-wilayah yang mengalami krisis air bersih.

“Pendistribusian air bersih ini dilakukan secara bertahap, dan untuk wilayah Dusun Pacor, kami pun sudah agendakan,” kata Yayan. (Hermanto/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles