Pemdes Cibeureum Banjar Realisasikan ADD Tahap II

30/09/2017
Pemdes Cibeureum Banjar Realisasikan ADD Tahap II

Pembangunan jalan keep di Desa Cibeureum yang lokasinya berada di empat dusun dilakukan secara swadaya masyarakat. Photo: Istimewa.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, saat ini tengah merealisasikan sejumlah kegiatan bidang infrastruktur yang dibiayai dari Alokasi Dana Desa (ADD) tahap kedua tahun 2017.

Kepala Desa Cibeureum, Yayan Sukirlan, melalui Kaur. Perencanaan, Heri Heryanto, mengatakan, pencairan ADD tahap kedua dialokasikan pada pembangunan kantor desa, pengadaan tanah desa, dan operasional desa.

“Alokasi dari pencairan ADD tahap kedua yang diterima Desa Cibeureum sebesar kurang lebih 900 juta rupiah itu, lebih besar digunakan untuk merampungkan pembangunan kantor desa dan pengadaan tanah desa untuk lapangan sepakbola, lokasinya berada di Dusun Pasirnagara,” terang Heri, kepada Koran HR, saat ditemui Selasa (26/09/2017) lalu.

Selain itu, lanjut Heri, pihaknya juga sedang merealisasikan kegiatan yang didanai oleh Bantuan Provinsi (Banprov). Bantuan tersebut dialokasikan untuk pembangunan jalan keep di empat dusun, yaitu di Dusun Cijambu, Dusun Babakan, Dusun Pasirnagara dan Dusun Cipantaran.

Secara keseluruhan, pembangunan jalan keep di empat dusun tersebut panjangnya kurang lebih 1.000 meter. Hingga hari Selasa (26/09/2017) lalu, pengerjaannya sudah mencapai 99 persen. Pengerjaan pembangunannya dilakukan secara swadaya masyarakat di masing-masing wilayah.

“Untuk Dana Desa (DD) tahap kedua belum bisa dicairkan, meskipun semua persyaratan pencairan sudah siap. Hal itu karena dana dari pusatnya belum turun, jadi sekarang ini kita tinggal menunggu turunya SP2D. Mudah-mudahan bulan September ini sudah bisa dicairkan,” kata Heri.

Rencananya DD tahap kedua akan dialokasikan untuk pembangunan 1 unit PKBM di Dusun Cijambu, serta untuk pembangunan drainase tahap kedua yang lokasinya berada di empat dusun, yaitu Dusun Cijambu, Dusun Cipantaran, Dusun Pasirnagara dan Dusun Babakan.

Sedangkan, alokasi anggaran dari Bagi Hasil Pajak Daerah (BHPD) tahap kedua rencananya akan digunakan untuk penunjang sarana pos kamling di dua dusun, yakni di Dusun Cijambu dan Dusun Cibodas.

“Kita juga sekarang sedang menggarap untuk anggaran perubahan 2017. Karena, untuk ADD ada pemangkasan sekitar 18 juta rupiah, dan ini berlaku bagi semua desa,” pungkasnya. (Eva/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles