Pemerintah Desa Waringinsari Banjar, DD & ADD Tahap I Terealisasikan 100 Persen

Realisasi sejumlah bidang pembangunan berupa pengaslapan jalan lingkungan di wilayah Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, yang dibiayai dari pencairan dana transfer tahap I tahun 2017. Photo: Istimewa.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, terus memacu pembangunan di wilayahnya, terutama bidang fisik. Dimana anggaran pencairan tahap I tahun 2017 yang bersumber dari Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) telah terealisasikan 100 persen, dan saat ini sedang proses pengajuan untuk pencairan tahap II.

Demikian dikatakan Kepala Desa Waringinsari, Misbahudin, kepada Koran HR, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (29/08/2017) lalu. Ia juga menyebutkan, bahwa ada beberapa titik pembangunan di wilayahnya yang telah rampung dikerjakan, seperti pengaspalan jalan, pembuatan kirmir dan drainase.

“Biaya untuk semua kegiatan yang dilaksanakan itu bersumber dari DD dan ADD, serta Banprov sebesar sekitar 845 juta rupiah. Alhamdulillah telah rampung dikerjakan,” terangnya.

Rampungnya pelaksanaan bidang pembangunan dari tahap I ini, kata Misbahudin, tentunya tak lepas pula atas partisipasi masyarakatnya. Hal itu terlihat dari respon warga yang ikut swadaya saat proses pembangunan.

Begitu pula realisasi tahap I untuk bidang lainnya telah selesai 100 persen, yakni bidang penyelenggaraan pemerintahan desa dengan anggaran sekitar Rp.846,5 miliar, dan bidang pembinaan kemasyarakatan sebesar Rp.66 juta. Sedangkan, untuk kegiatan di bidang pemberdayaan masyarakat baru akan dikerjakan melalui pencairan tahap II.

“Keseluruhannya pencairan tahap I yang sudah rampung itu adalah sebesar sekitar 1,8 miliar rupiah, dengan rincian dari DD 650 juta rupiah, BHPD 21,6 juta rupiah, BHRD 16 juta rupiah, ADD 1,11 miliar rupiah, ditambah Banprov 165 juta rupiah,” jelasnya.

Sementara, untuk pencairan tahap II yaitu sekitar Rp.1 miliar, yang di dalamnya terdiri dari DD sebesar Rp.433 juta, kini masih dalam proses pengajuan. Misbahudin berharap, hingga tahap pencairan III nanti, pihaknya mampu melaksanakan semua kegiatan dengan lancar dan tidak menemui kendala apapun.

“Total dana transfer yang diterima Desa Waringinsari di tahun 2017 ini jumlahnya sekitar 4 miliar rupiah. Mudah-mudahan semua kegiatan yang dilaksanakan berjalan lancar dan bermanfaat bagi semua masyarakat Desa Waringinsasi,” pungkasnya. (Nanks/Koran HR)

KOMENTAR ANDA