Pencurian Hewan Ternak Kerap Terjadi Jelang Idul Adha di Mekarharja Banjar

Warga saat menunjukkan kandang kambing yang menjadi sasaran pencuri jelang Idul Adha. Foto: Hermanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Mendekati pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, aksi pencurian hewan ternak mulai terjadi. Seperti yang dialami Enon (72), warga Dusun Cibentang, RT.18/8, Desa Mekarharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar. Satu ekor kambing besar miliknya yang akan dijual saat Idul Adha nanti, raib dari kandangnya.

Menurut Enon, aksi pencurian hewan ternak miliknya itu terjadi pada hari Senin (21/08/2017) lalu, sekitar pukul 03.00 WIB. Dari lima ekor kambing yang ada, kini tinggal tersisa empat ekor, itu pun masih kecil-kecil.

Dalam menjalankan aksinya, diduga pencuri mengambil kambing miliknya melalui jalan belakang. Karena kandangnya terletak di belakang rumah, sehingga pelaku bisa langsung lari ke arah sawah yang sudah kering akibat musim kemarau.

“Di belakang kan sangat gelap, kebetulan rumah saya persis dekat areal pesawahan. Diduga pelaku lebih dari satu orang saat menjalankan aksinya. Si pencuri itu datang dari belakang, kemudian mengambil kambing tersebut dengan cara membobol pintu kandang dan membawa kambing ke arah areal pesawahan,” terang Enon, saat ditemui Koran HR, Senin (28/08/2017) lalu.

Akibat kejadian ini, Enon mengalami kerugian sekitar Rp.2 juta. Dia pun mengaku telah melaporkan kasus tersebut kepada pihak kepolisian.

Ujang Ures (50), warga setempat, mengatakan, selain pencurian kambing, di wilayah Dusun Cibentang juga kerap terjadi pencurian hewan unggas seperti ayam, itik, bebek, dan angsa. Tak tanggung-tanggung, dalam menjalankan aksinya para pelaku mencuri satu kandang unggas milik warga.

“Pada awal bulan Agustus terjadi pencurian unggas milik warga. Para pelaku mencuri unggas hingga satu kandang. Untuk itu, kami berharap patroli dari pihak kepolisian bisa sampai ke sini, karena di wilayah ini jika malam sangat gelap sehingga sering terjadi pencurian atau aksi kejahatan lainnya,” harap Ures.

Sementara itu, Kapolsek Purwaharja, AKP. Kasan Bisri, saat ditemui Koran HR di ruang kerjanya, mengatakan, bahwa pihaknya berharap kepada warga supaya proaktif melaporkan setiap ada kejadian. Selain itu, pihaknya pun akan menambah waktu saat melakukan patroli pada nalam hari, supaya kasus serupa tidak terjadi lagi.

“Kami menghimbau kepada warga untuk tetap waspada menjelang Idul Adha ini, karena aksi pencurian hewan ternak marak, dan jika ada kejadian segera laporkan kepada kami. Selain itu, kami pun akan terus berpatroli setiap malam ke wilayah-wilayah rawan aksi kejahatan,” ujar Kasan Bisri. (Hermanto/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar