Perhutani Tebang Hutan, DLHK Pangandaran Meradang

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran Surya Darma saat di ruang kerjanya. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran Surya Darma, melontarkan kekecewaannya terhadap apa yang telah dilakukan KPH Perhutani Ciamis terkait penebangan di dua wilayah tersebut.

Ia mengatakan, seharusnya KPH Perhutani Ciamis tidak hanya memikirkan keuntungan semata, akan tetapi kondisi lingkungan akibat penebangan juga harus diperhatikan, bahkan menjadi prioritas.

Baca Juga: Meski Diprotes, Perhutani Tetap Tebang Hutan di Pangandaran

“Dahulukan kepentingan lingkungan hidup! tidak orientasinya pada keuntungan semata. Walaupun secara legalitas belum ada perubahan fungsi, tetapi lihat kondisi di lapangan seperti apa,” tegas Surya kepada Koran HR, Selasa (05/09/2017).

Ia memaparkan, kondisi di lapangan saat ini tengah terjadi gejolak soal penebangan. Ia memintah Perhutani tidak memakai “Kaca Mata Kuda” serta harus menjaga kondusifitas masyarakat yang merasakan dampak langsung dari penebangan tersebut.

Karena kejadian ini, Surya menegaskan bahwa pemerintah provinsi untuk segera merespon dengan turun tangan langsung ke lapangan dan melihat langsung lokasi penebangan yang dilakukan Perhutani.

“Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Barat dalam hal ini yang punya wewenang. Maka, kita minta segera turun dan melihat secara langsung di lapangannya seperti apa,” pungkas Surya. (Mad/R6/Koran HR)

KOMENTAR ANDA