Perpres No 87 tahun 2017, Kadisdik Ciamis; Semoga Bawa Perubahan Positif

Kepala Dinas Pendidikan, Wawan S Arifin. Foto: Dian Sholeh/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis, H. Wawan S Arifin, berharap Peraturan Presiden (Perpres) nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, yang baru-baru ini dikeluarkan presiden, membawa perubahan positif bagi dunia pendidikan.

“Ini sebenarnya merupakan sebuah pekerjaan besar bagi semuanya. Diperlukan tanggung jawab bersama agar (penguatan pendidikan karakter) bisa memberikan dampak yang positif,” katanya, ketika ditemui Koran HR, Senin (18/09/2017) lalu.

Wawan menjelaskan, meski sudah ditandatangani presiden, pihaknya belum bisa mengaplikasikan perpres tersebut. Pihaknya akan menunggu tindaklanjut atau turunan dari Perpres tersebut, yakni berupa Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud).

Namun demikian, Wawan menegaskna, pihaknya sangat mendukung adan penguatan terhadap pendidikan karakter. Menurut dia, penguatan pendidikan karakter tidak bisa dibatasi, baik di sekolah, di rumah ataupun di lingkungan.

“Semuanya harus bisa sinergis. Kalau dalam penguatan pendidikan karakter hanya di sekolah saja tidak ada apa-apanya. Artinya selain di sekolah juga harus dilakukan di rumah dan di lingkungan. Ini yang saya maksud harus bersinergi,” ujarnya.

Selain itu, kata Wawan, penguatan pendidikan karakter juga harus bisa berkelanjutan. Misalnya di sekolah dari mulai SD sampai SMA. Seandainya saat di SD sudah terjaga sholat dzuhur berjamaah, maka saat masuk ke SMP sampai SMA, kalau bisa kegiatan sholat berjamaah jangan sampai hilang.

“Kami sangat berharap besar, dengan adanya Perpres ini, dapat membentengi mereka dari intervensi budaya-budaya luar, budaya-budaya yang dikhawatirkan bersama bisa menggerus budaya Indonesia. Dengan penguatan pendidikan karakter ini, ke depan bisa membawa perubahan yang positif. Meliputi nilai kebangsaan, kesopanan, gotong royong, kejujuran, dan hormat menghormati,” tuturnya. (DSW/Koran HR)

KOMENTAR ANDA