(Pilkada Ciamis) Golkar Segera Sosialisasikan Rekomendasi Pengusungan Iing Syam Arifin

Surat Penetapan Calon Kepala Daerah Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat. Foto: Istimewa.

Surat Rekomendasi DPP Partai Golkar yang menetapkan Iing Syam Arifin sebagai bakal calon bupati yang diusung Partai Golkar pada Pilkada Ciamis tahun 2018 mendatang. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Beredarnya surat rekomendasi DPP Partai Golkar tentang penetapan Iing Syam Arifin sebagai calon bupati Ciamis yang diusung partai berlambang pohon beringin ini, sempat membuat gaduh perpolitikan Ciamis. Pasalnya, surat rekomendasi tersebut beredar ke publik di saat DPD Partai Golkar Ciamis belum menerima salinannya. Sontak, surat rekomendasi yang ditandatangani Ketua Harian DPP Partai Golkar, Nurdin Halid dan Sekretaris DPP Partai Golkar, Idrus Marham, itu menjadi teka-taki. Bahkan, tak sedikit di internal Golkar yang menyebut surat misterius.

Namun, Sekretaris DPD Partai Golkar Ciamis, Baim Setiawan, memastikan bahwa surat rekomendasi tentang pengusungan Iing Syam Arifin sebagai calon bupati Ciamis dari Partai Golkar benar adanya. Bahkan, dia mengaku sudah melihat dan membaca langsung salinan asli surat rekomendasi tersebut saat berada di kantor DPD Partai Golkar Jawa Barat, di Bandung.

Berita Terkait: (Pilkada Ciamis) Akasah: Dulu Saya Legowo Kalah di Penjaringan Cabup Partai Golkar

“Saya sekarang masih di kantor DPD Partai Golkar Jabar untuk mengambil surat rekomendasi penetapan calon bupati Ciamis. Namun, saat ini masih menunggu surat pengantar dari pengurus DPD Partai Golkar Jabar. Hanya, sudah dipastikan bahwa Pak Iing yang mendapat surat rekomendasi dari DPP Partai Golkar,” ujarnya, saat dihubungi Koran HR via telepon selulernya, Selasa (12/09/2017).

Baim menambahkan, apabila merujuk pada alur mekanisme, setelah DPP Partai Golkar mengeluarkan surat rekomendasi penetapan calon bupati, kemudian dikirim ke DPD Partai Golkar Jabar. Setelah diterima, kata dia, DPD Partai Golkar Jabar kemudian membuat surat pengantar yang ditujukan ke DPD Partai Golkar Ciamis. “Mudah-mudahan besok atau lusa surat pengantarnya sudah bisa kami terima,” ujarnya.

Berita Terkait: (Pilkada Ciamis) Toni: Rekomendasi Golkar untuk Iing Tak Perlu Diperdebatkan Lagi

Ketika ditanya terkait adanya tudingan bahwa penetapan surat rekomendasi tersebut tidak menempuh mekanisme yang ditetapkan dalam aturan Partai Golkar, Baim enggan berkomentar. “Bukan kapasitas saya untuk menjawab hal itu. Karena segala keputusan ada di DPP Partai Golkar. Kami dari pengurus DPD Partai Golkar Ciamis hanya meneruskan dan menjalankan apa yang ditetapkan oleh DPP,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Penjaringan Calon Bupati DPD Partai Golkar Ciamis, Azis Basari, mengatakan, setelah menerima informasi dari Sekretaris DPD Partai Golkar Ciamis, Baim Setiawan, bahwa salinan surat rekomendasi DPP Partai Golkar sudah diterima oleh DPD Partai Golkar Jabar, kini pihaknya tengah bersiap untuk melakukan sosialisasi ke seluruh pengurus dan kader Partai Golkar Ciamis.

Berita Terkait: (Pilkada Ciamis) Usung Iing, Pengurus Golkar Diminta Jangan Ada yang Membangkang

“Dengan turunnya surat rekomendasi tersebut, berarti seluruh tahapan penjaringan calon bupati Ciamis di Partai Golkar sudah selesai. Langkah selanjutnya kami akan menyosialisasikan surat rekomendasi tersebut ke seluruh pengurus Partai Golkar Ciamis, mulai dari tingkatan kabupatan sampai ke tingkatan desa,” ujarnya, Selasa (12/09/2017).

Meski surat rekomendasi itu menuai polemik di internal Partai Golkar, lanjut Azis, pihaknya tidak akan terpengaruh oleh kondisi tersebut. Pihaknya, kata dia, tetap akan menjalankan apa yang diintruksikan oleh DPP Partai Golkar dan DPD Partai Golkar Jabar.

“Karena kewenangan kami hanya menjalankan intruksi yang ditetapkan pengurus Golkar di tingkat atas. Apabila di internal Golkar Ciamis ada yang protes, silahkan ke pengurus DPP Partai Golkar. Karena surat rekomendasinya pun dikeluarkan oleh DPP, bukan oleh pengurus kabupaten,” pungkasnya. (Bgj/Koran-HR)

Berita Terkait

(Pilkada Ciamis) Soal Penetapan Calon Bupati, PK Golkar Pertanyakan Keputusan DPP

(Pilkada Ciamis) Dibalik Keganjilan Surat DPP Golkar Untuk H. Iing

KOMENTAR ANDA