(Pilkada Ciamis) Kawan AA Gelar Festival Layang-layang Malam di Purwadadi

24/09/2017 0 Comments
(Pilkada Ciamis) Kawan AA Gelar Festival Layang-layang Malam di Purwadadi

Festival Layang-layang Malam yang menjadi tradisi tahunan setelah musim panen, digelar di Desa Bantardawa, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (23/09/2017) malam. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Relawan Bakal Calon Bupati Ciamis, Anjar Asmara (AA), atau akrab disebut Kawan AA menggelar Festival Layang-layang Malam di Desa Bantardawa, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (23/09/2017) malam. Anjar Asmara yang memiliki visi mengembangkan kretifitas anak muda ini, mensupport agar festival layang-layang menjadi agenda rutin tahunan dan diharapkan menjadi ikon wisata kreatif Ciamis.

Festival layang-layang yang digelar malam hari ini terbilang cukup unik. Layang-layang yang diterbangkan terbuat dari plastik dengan dipasang hiasan lampu. Kerlap kerlip lampu yang dipasang di layang-layang tampak menghiasai langit yang cukup cerah. Kegiatan ini digelar setiap musim panen padi berakhir.

Putra, Kawan AA Kecamatan Purwadadi, mengatakan, festival layang-layang malam sudah hampir 7 tahun digelar dan menjadi agenda tahunan. “Setiap usai musim panen, warga di sini selalu menggelar acara layang-layang malam dengan memanfaatkan kekosongan area persawahan setelah panen. Kami berharap festival ini bisa menjadi destinasi wisata kreatif Kabupaten Ciamis. Dan untuk kedepan acaranya bisa semakin meriah,”’ harapnya.

Menurut Putra, permainan layang-layang malam sebenarnya mengadopsi dari kebiasaan warga di daerah Jawa Tengah. Karena Kecamatan Purwadadi berada di daerah perbatasan dan banyak warga pendatang dari Jawa Tengah, maka kebiasaan itu menjadi tradisi di daerahnya.

“Namun, kami mengemas dalam sebuah festival dan acaranya dibuat menarik. Dan alhamdulilah acaranya banyak digemari warga, bahkan banyak warga dari luar daerah sengaja datang untuk melihat acara ini,” ujarnya. Pada proses penilaian untuk mementukan juara, kata dia, lebih dilihat dari estetika penataan lampu dan juga lama tidaknya layang-layang terbang di udara.

Sementara itu, Koordinator Kawan AA, Deni Hamdani, mengapresiasi tradisi warga Purwadadi yang sudah diturunkan turun temurun dilestarikan. Dia berharap tradisi ini agar tetap terjaga dan menjadi ciri khas kebiasaan masyarakat perbatasan. “Pangandaran punya festival layang-layang pantai. Ciamis lebih unik lagi, yakni festival layang-layang malam. Ini patut didorong untuk dijadikan destinasi wisata kreatif,” ujarnya.

Deni mengatakan, Bakal Calon Bupati Ciamis, Anjar Asmara, dalam visinya, salah satunya komitmen untuk mendorong kreatifitas anak muda. Tradisi ini tentunya sejalan dengan visi tersebut. (R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!