(Pilkada Ciamis) Kubu Iing Klaim Dapat Surat Dukungan dari 162 PD Golkar

Bakal Calon Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin, saat diantar para pendukungnya melakukan pendaftaran penjaringan calon bupati di Kantor DPD Partai Golkar Kabupaten Ciamis, beberapa waktu lalu. Foto: Dokumentasi HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Fungsionaris DPD Partai Golkar Kabupaten Ciamis yang juga Anggota DPRD Ciamis, Titi Sutianah Khotim, menegaskan, surat penetapan calon bupati Ciamis yang dikeluarkan DPP Partai Golkar sudah sah memutuskan Iing Syam Arifin.

“Walaupun saya menghormati aspirasi yang disampaikan pengurus PK, namun saya meyakini tidak ada pelanggaran juklak dalam penetapan calon bupati Ciamis. Dan secara hukum Pak Iing Syam Arifin sudah sah sebagai calon bupati yang diusung Partai Golkar,” ujarnya, kepada Koran HR, Selasa (26/09/2017).

Berita Terkait: (Pilkada Ciamis) Polemik Penetapan Calon Bupati, Kuncoro: DPP Golkar Sudah Benar

Titi menambahkan, apabila pengurus PK keberatan bahwa hasil voting dalam sidang pleno diperluas tidak menjadi dasar penetapan calon bupati, dirinya justru mempertanyakan pelaksanaan proses voting tersebut. Dia menilai pelaksanaan voting yang dilakukan DPD Partai Golkar Ciamis tidak memegang azas demokrasi dalam hal menyampaikan pendapat.

“Kalau mau memperdebatkan hasil voting dalam rapat pleno, kenapa saat proses pemungutan suaranya tidak dilakukan secara rahasia atau tidak dicoblos dalam bilik suara? Yang terjadi kan voting secara terbuka dengan menyebutkan nama pilihan bakal calon bupati secara lisan. Kalau mau demokrasi, ya harus dilakukan secara tertutup atau dicoblos dalam bilik suara,” tegas Titi yang merupakan kader Golkar yang berada di Kubu Iing Syam Arifin ini.

Apabila mempermasalahkan soal dukungan dari pengurus desa dan pengurus kecamatan, kata Titi, Iing Syam Arifin sudah mendapat dukungan dari 162 pengurus desa. Dan dukungan itu berbentuk surat pernyataan tertulis yang dibubuhi stempel pengurus desa.

“Jadi, dukungan kepada Pak Iing tidak secara lisan, tetapi berupa surat pernyataan dari pengurus desa. Dan hal itu secara hukum lebih kuat dibanding dukungan secara lisan,” katanya.

Namun begitu, Titi mempersilahkan kepada pengurus PK untuk menyalurkan aspriasinya ke pengurus DPP Partai Golkar. Tetapi, dia meminta agar perdebatan di internal Partai Golkar tidak terus berlarut. “Berbeda pendapat sah-sah saja di sebuah alam demokrasi, tetapi kader Golkar harus lebih memikirkan soliditas untuk kemajuan partai,” pungkasnya. (Bgj/Koran-HR)

Berita Terkait

(Pilkada Ciamis) Polemik Surat Penetapan Calon Bupati Partai Golkar Makin Memanas

(Pilkada Ciamis) Polemik Surat Penetapan Cabup, PK Golkar Minta Bertemu dengan DPP

(Pilkada Ciamis) Agun: Rekomendasi Calon Bupati Golkar Masih Bisa Berubah

Video; Pengurus Kecamatan & Desa ‘Seruduk’ Kantor DPD Golkar Ciamis

KOMENTAR ANDA