Pilkades Serentak 2018, Pemkot Banjar Belum Terbitkan Perwal

Foto: Ilustrasi net/ist

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Kota Banjar kini tengah bersiap-siap untuk melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan dimulai tahun 2018 mendatang. Namun, hingga kini Peraturan Walikota (Perwal) sebagai pelaksanaan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 02 Tahun 2017 tentang Pilkades belum diterbitkan.

Perda tersebut sudah disyahkan DPRD Kota Banjar pada bulan Mei 2017 lalu, dimana salah satu isinya menyatakan bahwa pelaksanaan Pilkades serentak di Kota Banjar akan dilaksanakan secara bergelombang, yaitu tahun 2018 sebanyak lima desa, tahun 2019 sebanyak enam desa, dan tahun 2020 sebanyak lima desa.

Sekretaris Kecamatan Langensari, Jajat Sudrajat, menyebutkan, dari lima desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak di tahun 2018, dua desa diantaranya ada di wilayah Kecamatan Langensari, yakni Desa Rejasari dan Desa Kujangsari.

Meski belum mengetahui jadwal pastinya soal pelaksanaan Pilkades serentak di tahun 2018 nanti, namun pihaknya sudah menyatakan kesiapannya untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak.

“Kita tunggu jadwal pasti pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2018, karena memang Perwal yang baru soal Pilkades belum keluar. Yang jelas, untuk Desa Rejasari, jika tidak salah masa habis jabatan kadesnya yaitu per Oktober 2018. Pokoknya agar pelaksanaan Pilkades serentak di Kota Banjar tidak amburadul, kita mesti siap-siap dari sekarang,” tandas Jajat, Senin (28/08/2017) lalu.

Senada diungkapkan Ketua BPD Waringinsari, Sudio. Menurutnya, meski pelaksanaan Pilkades di desanya masih lama, yakni sekitar dua tahun lagi dan Perwalnya juga belum terbit, namun pihaknya siap mensukseskan jalannya Pilkades serentak.

“Kami sangat menunggu Perwal sebagai payung hukum pelaksanaan Pilkades, karena kami BPD tidak akan ragu dalam memulai tahapan Pilkades. Penting Perwalnya segera terbit sebagai upaya menghindari kemungkinan potensi persoalan hukum. Terlebih pelaksanaan Pilkades serantak adalah yang perdana di Kota Banjar ini,” ujar Sudia.

Terkait hal itu, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kesatuan Bangsa dan Politik (PMPDKBPol) Kota Banjar, Wawan Gunawan, SP., M.Si., mengatakan, Perwal sebagaimana dimaksud masih sedang dipersiapkan oleh Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Kota Banjar.

“Perwal sedang dipersiapkan Tapem. Insya Allah dalam waktu tidak lama lagi diterbitkan Walikota Banjar. Intinya, segala sesuatunya sedang dipersiapkan. Selain regulasi, tentu penganggaran pun sudah dipersiapkan. Termasuk kami siap melaksanakan sosialisasi pelaksanaan Pilkades serentak,” jelas Wawan. (Nanks/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar