Realisasi ADD Tahap II, Pemdes Karangpaningal Ciamis Fokus Bangun Infrastruktur Pertanian

30/09/2017
Realisasi ADD Tahap II, Pemdes Karangpaningal Ciamis Fokus Bangun Infrastruktur Pertanian

Kepala Desa Karangpaningal tengah memberikan bimbingan kepada perangkatnya. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Untuk lebih mengintensitaskan program pembangunan desa yang menjadi tumpuan harapan masyarakat, Pemerintah Desa Karangpaningal, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, terus berupaya meningkatkan pembangunan sarana infrastruktur, termasuk pada bidang pertanian. Karena, mayoritas masyarakat Desa Karangpaningal berprofesi sebagai petani.

Kepala Desa Karangpaningal, Widodo Sujatmiko, mengatakan, saat ini pihaknya akan fokus melaksanakan pembangunan pintu klep saluran irigasi yang didanai dari Anggaran Dana Desa (ADD) tahap kedua.

Pembangunan tersebut dilaksanakan atas dasar ajuan dari masyarakat. Selain untuk kebutuhan pertanian, klep pembuangan juga untuk menghindari terjadinya banjir ketika volume air di apur Sungai Cilisung tinggi. Karena, air sungai tersebut selalu meluap ke areal pesawahan warga saat musim penghujan.

“Sekarang ini kami  tengah melakukan beberapa evaluasi, setelah beberapa kegiatan seperti pembangunan rumah baru, serta beberapa pembangunan dari Dana Desa tahap pertama dilaksanakan. Hal ini sebagai bentuk koreksi agar ke depannya kita bisa lebih berhati-hati dalam menjalankan amanah yang diberikan kepada kita,” terang Widodo, kepada Koran HR, Selasa (26/09/2017) lalu.

Selain fokus terhadap pembangunan fisik, Pemerintah Desa Karangpaningal juga intens dalam membangun mental masyarakatnya melalui bidang keagamaan. Dalam hal ini, pihaknya bekerjasama dengan MUI Desa Karangpaningal.

“Untuk menjaga kesinambungan dan keharmonisan masyarakat, kami saat ini tengah melaksanakan program peningkatan mutu keimanan melalui bidang kerohanian. Kami melibatkan masyarakat dan bekerjasama dengan MUI Desa sebagai corong untuk menyampaikan tuntunan keimanan,” katanya.

Kegiatan bidang keagamaan yang rutin dilaksanakan salah satunya Istighosah, yakni setiap malam Minggu pahing, bertempat di Aula Kantor Desa Karangpaningla. Pihaknya berharap, dengan adanya kegiatan tersebut masyarakat Desa Karangpaningal bisa lebih menjaga keharmonisan, serta mampu menjunjung tinggi adat budaya yang ada. (Suherman)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles