SDN 3 Baregbeg Ciamis Ajak Siswa Biasakan Berinfak

26/09/2017 0 Comments
SDN 3 Baregbeg Ciamis Ajak Siswa Biasakan Berinfak

Salah satu siswa memperlihatkan kotak infak baznas yang ada di SDN 3 Baregbeg. Foto : Heri Herdianto/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sekolah menjadi lingkungan yang tepat untuk melatih anak didik untuk memiliki rasa kepedulian terhadap sesama. Melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan, guru dapat menanamkan nilai-nilai kepedulian sosial sejak dini kepada mereka.

Terkait hal itu, SDN 3 Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)  Kabupaten Ciamis menanamkan jiwa peduli terhadap anak didiknya lewat infak.

Kepala SDN 3 Baregbeg, Dadang Ma`sum, ketika ditemui Koran HR, di ruang kerjanya, Selasa (19/09/2017) lalu, menuturkan, pihaknya ingin selalu menggali jiwa sosial anak didiknya melalui pemanfaatan kotak infak yang disediakan Baznas.

Dadang menjelaskan, setiap satu bulan sekali uang dari kotak infak yang sudah terkumpul akan dihitung. Hasilnya akan dibagi, sebanyak 7 persen disetorkan ke Baznas, 5 persen untuk pengelolaan dan sisanya akan disalurkan langsung kepada anak didik yang membutuhlan.

Kepada Koran HR, Dadang menegaskan, penerapan infak tersebut merupakan bagian dari upaya pihaknya menumbuhkan karakter anak didik agar mampu berbagi kepada sesama dengan ikhlas.

“Perlu cara agar sejak dini mereka memiliki karakter dalam berbagi pada sesama. Ini merupakan pembelajaran bagi mereka tentang kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan,“ ujarnya.

Di tempat terpisah, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Baregbeg,  H. Dedi Kusmana, ketika ditemui Koran HR, mengapresiasi  upaya yang dilakukan SDN 3 Baregbeg. Untuk itu, pihaknya mengimbau sekolah lain menerapkan hal serupa.

Menurut Dedi, kerjasama antara pihaknya dengan Baznas dalam penyediaan kotak infak dimulai dari SDN 3 Baregbeg. Kerjasama itu merupakan program infak melalui kotak infak Baznas.

Dedi menambahkan, pihaknya juga mendapatkan bantuan dari Baznas berupa alat serta kebutuhan anak didik sebanyak 45 paket. Bantuan tersebut diberikan kepada anak didik kurang mampu.

“Kami berharap anak didik dapat meningkatakan jiwa dan karakter yang baik kepada sesama melalui infak,” katanya. (Heri/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!