Siasati Sawah Kering, Petani di Mulyasari Banjar Tanam Kacang Hijau

10/09/2017 0 Comments
Siasati Sawah Kering, Petani di Mulyasari Banjar Tanam Kacang Hijau

Rahmat bersama istrinya sedang memetik kacang hijau yang siap panen. Photo : Adi Karyanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Musim kemarau yang melanda wilayah Kota Banjar dalam tiga bulan terakhir ini, membuat petani menyiasatinya dengan menanami tanaman selain padi. Petani di Dusun Sukamaju, RT. 04/04, Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar misalnya.

Beberapa petani di daerah tersebut, memanfaatkan sawah yang kering dengan menanam kacang hijau. Mereka mempertimbangkan bahwa tanaman kacang hijau sangat cocok ditanam pada musim kemarau.

Rahmat, salah seorang petani di daerah tersebut mengatakan, dirinya terpaksa mengganti tanaman padi dengan kacang hijau, karena irigasi yang melintasi sawah mengering.

“Daripada dibiarkan, lebih baik ditanami kacang panjang atau tanaman lainnya sambil nunggu musim hujan datang,” kata Rahmat kepada HR Online, Minggu (10/8/2017).‎

Dirinya memilih kacang hijau karena bukan hanya tahan panas, namun juga kacang hijau dapat tumbuh di tanah yang kering atau kurang subur.

“Menanam kacang hijau bukan kali ini saja, kami selalu menanam kacang hijau setiap musim kemarau datang, karena tanaman ini tidak butuh banyak air,” tutur Rahmat sambil memetik kacang hijau yang siap panen.

Sebagai modal awal, Rahmat merogoh kocek untuk membeli benih kacang hijau sebanyak Rp. 10 ribu. Sedangkan masa tanam kacang hijau mencapai 2,5 bulan lamanya.

Diakuinya, untuk panen sekarang ini sangat kurang, karena benih kacang hijau yang dibelinya tidak terlalu bagus. Selain itu, ancaman hama dan penyakit sama juga dengan padi.

“Padahal sebelumnya pernah panen mencapai 70 kg, namun untuk sekarang ini belum sangat jauh dari harapan,” pungkasnya. (Adi/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!