SMA Negeri 1 Kawali Ciamis, Promosikan Curug Tujuh Lewat Pramuka

19/09/2017 0 Comments
SMA Negeri 1 Kawali Ciamis,  Promosikan Curug Tujuh Lewat Pramuka

Ratusan siswa Kelas X  SMA Negeri 1 Kawali mengikuti kegiatan perayaan HUT Ambalan Adipati Singacala dan Citraresmi di Bumi perkemahan Curug Tujuh Panjalu. Foto : Eji Darsono/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Adipati Singacala dan Citraresmi, pangkalan SMA Negeri 1 Kawali, Kabupaten Ciamis, merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ambalan, di kawasan Curug Tujuh Panjalu, Sabtu (09/09/2017) lalu.  

Deden Hemara, Pembina Pramuka, ketika ditemui Koran HR, Senin (11/09/2017) lalu, mengatakan, kegiatan perayaan HUT Ambalan tersebut rutin dilaksanakan. Bahkan sudah menjadi program kerja tahunan Pramuka Ambalan Adipati Singacala dan Citraresmi.

“Pada puncak acara, mereka memandikan pusaka berupa kujang dan pedang. Kegiatan memandikan kedua pusaka tersebut merupakan tradisi di setiap HUT Ambalan,” katanya.

Selain perayaan HUT Ambalan, Deden menegaskan, kegiatan tersebut juga dilaksanakan dalam rangka tadabbur alam. Hal itu secara tidak langsung juga merupakan upaya pembentukan karakter agar anak-anak (siswa) mencintai dan menyatu dengan alam.

Ahmad Kholil, pembina pramuka lainnya, mengatakan, nama Adipati Singacala dan Citaresmi erat kaitannya dengan nama-nama yang ada dalam susunan Kerajaan Galuh. Dengan nama tersebut, secara langsung maupun tidak langsung anak-anak akan lebih mengenal dan mengetahui sejarah.

“Pelaksanaan kali ini sengaja di Curug Tujuh, alasannya sekaligus untuk mempromosikan aset objek wisata yang ada di Kabupaten Ciamis,” katanya.

Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Kawali, Ishak Iskandar, ketika ditemui Koran HR, Senin (11/09/2017) lalu, mengungkapkan, Ambalan Adipati Singacala dan Citraresmi berdiri pada tahun 1983. Dengan kata lain saat ini usianya sudah mencapai tahun ke 37.

Kegiatan tadabbur alam dan perayaan HUT Ambalan ini, kata Ishak, menjadi momentum untuk membentukan karakter dan menumbuhkan kecintaan terhadap alam. Peserta yang ikut dalam kegiatan itu berjumlah 400 orang. (Dji/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!