SMAN 1 Pamarican Ciamis Buka Pendaftaran Siswa Program KJJ

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pamarican membuka pendaftaran bagi peserta didik baru kelas jarak jauh (KJJ) atau sekolah terbuka secara gratis. Pembukaan pendaftaran itu menindaklanjuti amanat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 

Seksi Kurikulum SMA Negeri 1 Pamarican, Fitriyanti, S.Pd, ketika ditemui Koran HR, Senin (04/08/2017) lalu, membenarkan hal itu. Menurut dia, upaya tersebut dilakukan dalam rangka melaksanakan program Kemendikbud. 

“Semua SMA/ SMK diharuskan membuka pembelajaran kelas jauh,” katanya.

Fitriyanti menjelaskan, kelas jarak jauh sengaja dibuka untuk tujuan meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM). Pasalnya, masih banyak anak-anak usia sekolah tidak bisa melanjutkan pendidikan karena terbentur berbagai faktor. 

“Maka dari itu, SMA Negeri 1 Pamarican membuka pendaftaran calon siswa baru bagi seluruh warga, maksimal usia 21 tahun. Pendaftaran serta kegiatan pembelajaran ini diadakan secara gratis,” jelasnya.

Senada dengan itu, Kepala SMA Negeri 1 Pamarican, H. Apep Mutakin, S.Pd.,M.Pd, kepada Koran HR, Senin (04/09/2017) lalu, menegaskan, pihaknya terus berupaya menyosialisasikan program kelas jarak jauh tersebut kepada masyarakat di sejumlah wilayah.

Dalam program kelas jarak jauh, Apep mengungkapkan, siswa akan mengikuti pembelajaran selama tiga tahun. Hanya saja, waktu kegiatan belajar disesuaikan dengan kesediaan para calon siswa. 

“Siswa bisa menentukan lokasi serta waktu kegiatan belajar mengajar. Hanya disarankan untuk lokasinya tidak jauh dari kampus SMA Negeri 1 Pamarican. Nanti pada saat ujian, seluruh siswa kelas jarak jauh akan dilaksanakan di kampus SMA Negeri 1 Pamarican. Dan mereka akan mendapatkan ijazah SMA Negeri 1 Pamarican,” katanya.

Meski diakui sulit dalam merekrut siswa program KJJ, Apep mengaku, pihaknya tidak akan putus asa. Untuk itu pihaknya gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Pihaknya berharap, masyarakat tergugah untuk mendaftar jadi siswa program KJJ.

Terkait masa pendaftaran, Apep menambahkan, program KJJ dibuka mulai tanggal 15 September. Pendaftaran bisa dilakukan langsung di kampus SMA Negeri 1 Pamarican atau menghubungi panitia lewat nomor 081322730691. (Suherman/Koran HR)

KOMENTAR ANDA