Smartphone Buatan Rusia Diklaim Teraman di Dunia

Smartphone Taiga buatan InfoWatch asal Rusia. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Taiga, smartphone buatan InfoWatch asal Rusia, mengklaim sebagai ponsel dengan teknologi paling aman di dunia saat ini. Lantas apa yang membuat smartphone ini mempunyai teknologi keamanan yang canggih?.

InfoWatch mengambil nama Taiga, yaitu dari nama sebuah hutan salju yang ada di wilayah Kanada serta Siberia.

Dari penjelasan Mashable via Bloomberg, InfoWatch merancang Taiga yang menggunakan sistem operasi Android ini, sebagai ponsel pintar yang dapat membatasi aplikasi atau mengontrol informasi serta membuka data pribadi pemakainya via perangkat.

Menurut juru bicara InfoWatch, Alexei Nagorniy, kontrol informasi tersebut disebabkan karena adanya sistem keamanan dengan basis firmware Taiga System, sehingga smartphone bisa membatasi semua jenis informasi yang muncul di dalamnya.

Bukan hanya itu, file milik pribadi seperti foto, email, dan media lainnya tidak bisa dibuka sama sekali. Meski begitu, aplikasi Gmail masih dapat diakses, cuma tidak dapat melaporkan atau menyimpan data yang diterima pemakai.

Namun sayang, smartphone yang katanya diproduksi 50.000 unit ini tidak dijual bebas di pasaran dan hanya dijual khusus bagi pegawai kepemerintahan Rusia. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA