Soal PPID, Begini Kata Wakil Walikota Banjar

30/09/2017
Soal PPID, Begini Kata Wakil Walikota Banjar

Wakil Walikota Banjar, H. Darmadji Prawirasetia. Foto: Tsabit/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Wakil Walikota Banjar, H. Darmadji Prawirasetia, saat ditemui Koran HR, Selasa (26/09/2017) lalu, mengatakan, bahwa PPID saat ini memang kurang optimal pelaksanaanya. Namun, pihaknya akan terus mendorong supaya lingkungan pemerintahan di Kota Banjar selalu terbuka bagi publik, terutama yang membutuhkan informasi dan dokumentasi.

“Sementara ini kita lagi menyiapkan dulu sumber SDM-nya di setiap OPD, terutama di Diskominfo selaku unit operator utamanya untuk penyempurnaan jalannya PPID di Kota Banjar,” terangnya.

Darmadji juga menepis dengan adanya tuduhan bahwa, salah satu faktor indikasi tidak berjalanya PPID sebagai pilar transparansi di pemerintahan karena adanya “by desain,” atau unsur kesengajaan dari pihak tertentu, terutama walikota atau wakil walikota sebagai pembina di struktural PPID.

“Tidak ada sama sekali adanya unsur kesengajaan, malah kita dukung supaya kedepan PPID lebih maksimal lagi. Semua tentunya butuh proses dalam memperbaiki, ya bertahap lah, tidak bisa secara langsung dilakukan,” tandasnya.  

Karena, lanjut Darmadji, untuk menjalankan PPID ini tidak lah mudah. Tak jarang di kota dan kabupaten lain pun masih sama kerepotan dalam pengelolaan dan menjalankan PPID sebagai amanat UU KIP.

“Kedepan tentunya kita akan terus melakukan perbaikan-perbaikan supaya dapat mewujudkan pemerintahan yang baik dan terbuka melalui PPID di setiap badan publik, terutama di setiap OPD yang ada di lingkungan Pemerintahan Kota Banjar,” pungkas Darmadji. (Tsabit/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles