Sukseskan Program Pembangunan, Pemdes Kutawaringin Ciamis Gelar Musdes

18/09/2017
Sukseskan Program Pembangunan,  Pemdes Kutawaringin Ciamis Gelar Musdes

Kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) yang digelar Pemerintah Desa Kutawaringin, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Guna meningkatkan kesinambungan dan ketransparansian dalam penggunaan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2017) melalui program pembangunan, baik yang telah maupun akan dilaksanakan, Pemerintah Desa Kutawaringin, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, menggelar kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) yang melibatkan tokoh masyarakat dan para RT/RW.

Kepala Desa Kutawaringin, Slamet Bahtiar, mengatakan, untuk bisa mewujudkan program-program yang telah diagendakan, pihaknya sengaja melakukan langkah konkrit. Salah satunya dengan mengadakan Musdes untuk menampung aspirasi masyarakat mengenai pembangunan yang sudah maupun akan dilaksanakan.

“Mengingat  pembangunan tahap kedua akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, maka kami melakukan musyawarah dengan para tokoh masyarakat agar dalam pelaksanaannya nanti semua pihak bisa bersinambung, dan mampu berperan akif membantu jalannya program pembangunan,” kata Slamet, saat ditemui Koran HR, Selasa (12/09/2017) lalu.

Bahkan, dalam menghadapi pembangunan di tahun 2018 mendatang, pihaknya juga telah melaksanakan Musdes yang isinya membahas rencana pembangunan dengan skala prioritas. Dari hasil musyawarah tim 11, ada 24 usulan dari tiga dusun yang menjadi dasar pembangunan di tahun 2018.

“Dari 24 usulan itu, yang menjadi skala prioritas sebanyak 9 titik usulan, yaitu pembangunan kirmir dan rabat beton jalan lingkungan di tiga dusun, dengan masing-masing dusun ada tiga titik pembangunan,” terangnya.

Rencana tersebut sengaja dibagi menjadi tiga titik wilayah. Tujuannya untuk pemerataan pembangunan serta pengembangan jalan di setiap dusunnya. Sembilan prioritas pembangunan tersebut sudah disepakati dan telah diverifikasi oleh tim pendamping desa tingkat kecamatan. Saat ini pemerintah desa tengah menunggu pencairan anggarannya, yang selanjutnya pekerjaan akan segera dimulai.

“Demi terwujudnya program pembangunan di Desa Kutawaringin, kami juga tak henti-hentinya terus melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada seluruh lapisan masyarakat, serta mengajak seluruh unsyur untuk terus melangkah bersama menuju Kutawaringin yang maju dalam segi pembangunan fisik dan mental,” pungkas Slamet. (Suherman/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles