Sungai Cibatungurung di Cigugur Pangandaran Dipenuhi Sampah

Kondisi Sungai Cibatungurung di Dusun Jelat, Desa Harumandala, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, tampak dipenuhi sampah. Photo: Aceng/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Sungai Cibatungurung yang terletak di Dusun Jelat, RT.08, RW.03, Desa Harumandala, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, dipenuhi sampah.

Sangat disayangkan, sungai yang seharusnya dijaga kebersihannya malah dijadikan tempat pembuangan sampah. Terlebih air Sungai Cibatungurung selain digunakan untuk mengairi pesawahan, juga dimanfaatkan warga untuk kebutuhan mandi, cuci dan memasak.

Tokoh masyarakat yang juga Ketua Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Kabupaten Pangandaran, Enjang Kurnia, mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan tindakan masyarakat yang membuang sampah ke Sungai Cibatungurung.

“Bahaya membuang sampah ke sungai itu sangat luar biasa, bisa mengakibatkan banjir ketika hujan turun dan habitat sungai juga terancam musnah. Karena, selain airnya bau, warnanya juga mulai berubah,” ujarnya, kepada HR Online, Minggu (17/09/2017).

Menurutnya, jika hal ini terus dibiarkan tentu bisa menimbulkan banyak sumber penyakit. Sebab, kondisi sungai yang kotor bisa menjadi sarang lalat dan nyamuk yang akan berdampak pada masyarakat sekitar sungai.

“Untuk itu, saya minta masyarakat sadar akan bahaya tersebut dan jangan lagi membuang sampah sembarangan. Saya juga berharap ada tindak lanjut dari dinas terkait untuk mengatasi masalah ini,” tandas Enjang.

Sementara itu, Tardiman, salah seorang warga yang memanfaatkan air sungai tersebut, mengaku sangat dirugikan dengan kondisi sungai seperti itu. “Air Sungai Cibatungurung warnanya jadi berubah. Dipakai mandi saja bisa membuat badan jadi gatal, jadi saya minta masyarakat jangan lagi buang sampah ke sungai ini,” katanya. (Cenk/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA