Ternyata Orang Terkaya di Dunia Lebih Memilih Android Ketimbang iPhone

Photo: Net/Ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Pendiri Microsoft yang menjadi orang terkaya di dunia, Bill Gates, ternyata kini memilih menggunakan smartphone Android ketimbang iPhone, dan pilihannya itu didasari beberapa pertimbangan.

Pertama, beberapa saat lalu Microsoft tidak lagi fokus mengembangkan sistem operasi mobile. Bahkan, merek Nokia yang diakuisisi pada tahun 2013 pun sudah dilepas dan sekarang menjadi milik HMD Global.

Kedua, Microsoft bisa dibilang kembali lagi pada bisnis intinya, yaitu menciptakan software untuk desktop yang disertai infrastruktur komputasi, aplikasi produktivitas, serta Artificial Intelligence (AI).

Meski begitu, Bill Gates menggarisbawahi kalau dirinya paling banyak menggunakan aplikasi Microsoft pada ponsel Android yang tidak dia sebutkan jenisnya. Aplikasi tersebut diantaranya Microsoft Word, Skype, Teams dan Outlook.

Memang saat ini sistem operasi mobile yang banyak digunakan khalayak adalah Android ciptaan Google, dan iOS ciptaan Apple. Lalu, mengapa Bill Gates tidak beralih ke iOS?

“Sebenarnya saya beralih ke Android dengan tetap menggunakan software Microsoft. Namun tidak, tidak iPhone,” tegas Bill Gates, dalam sebuah wawancara di stasiun televisi Fox News.

Hal itu mengindikasikan kalau Bill Gates kagum pada sistem operasi yang dikembangkan oleh Google. Bila dilihat secara bisnis, Microsoft dan Google seringkali berkompetisi dalam hal pengembangan software produktivitas.

Seperti dihimpun KompasTekno dari VentureBeat, Selasa (26/09/2017), prinsip-prinsip Microsoft lebih condong ke Android ketimbang iOS. Sebab, penggunanya dapat melakukan modifikasi sistem operasi. Selain itu, sifatnya juga lebih terbuka dan memungkinkan bekolaborasi dengan perusahaan lain.

Sedangkan iOS sejak dulu dikenal eksklusif. Di sektor komputer, Microsoft dan Apple memiliki sejarah panjang soal persaingan bisnis yang ketat. Sehingga, Bill Gates dan Stave Jobs sebagai pendiri Apple, kerap dibanding-bandingkan, terutama saat teknologi belum berkembang sepesat sekarang. Kala itu Microsoft dan Apple menjadi dua raksasa utama yang bisa dikatakan kompetitor seimbang.

Kini, Bill Gates sendiri masih menjadi orang terkaya di dunia. Tercatat pada bulan Juli 2017, kekayaan Bill Gates diperkirakan mencapai 89,8 miliar dollar AS. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA