Tingkatkan Kesehatan, Cobalah Makan 4 Jenis Bunga Ini

18/09/2017 0 Comments
Tingkatkan Kesehatan, Cobalah Makan 4 Jenis Bunga Ini

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Setiap bunga memiliki vitamin, mineral, dan senyawa alami berbeda yang terkandung di dalamnya. Bunga-bunga juga kaya akan sumber vitamin, termasuk asam folat, niacin, riboflavin, pyroxidine, serta vitamin E dan C. Jadi, manfaat kesehatan dari masing-masing bunga tidak sama.

Bagi bangsa Tiongkok kuno, bunga menjadi bagian penting dalam pengobatan alami mereka. Hal ini pun dilakukan pula oleh The US Department of Agriculture Nutrient Database, yang memasukkan beberapa jenis bunga dalam pengobatan alami mereka.

Dilansir Daily Star, para peneliti kemudian melakukan studi untuk melihat manfaat sehat dari bunga. Salah satu peneliti, Lina Xiong, mengatakan, beberapa bunga mengandung senyawa alami yang dikenal sebagai phenolics.”

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Food Science itu menemukan, phenolics dapat menurunkan risiko sakit jantung serta beberapa jenis penyakit kanker, dan memiliki sifat anti-inflamasi.

Namun, makan bunga juga tidak boleh sembarangan, sebab bunga yang disemprot dengan pestisida bisa berbahay jika termakan. Untuk itu, pastikan Anda memilih bunga yang di labelnya dilengkapi keterangan bisa dimakan, lalu cuci sampai bersih sebelum mengonsumsinya.

Dikutip dari SpoonUniversity, berikut ini adalah beberapa bunga dan manfaat sehatnya;

Mawar

Bungan mawar menjadi favorit banyak wanita. Bunga ini ternyata memiliki manfaat yang bisa menyelesaikan permasalahan kewanitaan, seperti mengatasi menstruasi tidak teratur. Selain itu, mawar juga dapat menyembuhkan masalah pencernaan, mengurangi sakit, kelelahan, mual, biang keringat, dan sifat antibakterinya bisa mengobati jerawat.

Variasi mawar yang begitu beragam sehingga rasanya sulit ditentukan. Masing-masing rasa mawar berbeda, hal itu tergantung di mana atau bagaimana bunga itu tumbuh. Tetapi kebanyakan mawar rasanya manis, dan semakin gelap warnanya maka akan semakin kuat rasanya.

Pansy

Bunga pansy memiliki rasa manis yang membumi, sangat nikmat bila ditambahkan ke dalam salad. Kandungan antibakteri pada bunga yang berwarna biru keunguan ini bisa mengurangi masalah kesehatan, diantaranya arthritis, masalah kulit, masalah kulit kepala, epilepsi, asma, dan tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan yang dapat dikurangi dengan makan bunga pansy.

Bunga krisan

Bunga ini paling sering dikonsumsi dalam bentuk teh karena memiliki rasa yang tajam dan sedikit pahit. Bunga krisan dapat membantu mengurangi gejala yang berhubungan dengan flu, diantaranya demam, sakit tenggorokan, mata kering dan gatal, hidung tersumbat. Selain itu, bunga krisan juga bisa melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol, serta membantu mengatasi penyakit jantung koroner.

Bunga pacar air

Bunga jenis ini memiliki rasa yang sangat manis. Selain itu, bunga berwarna merah ini pun dapat membantu Anda mengurangi stres, sebab kandungannya memiliki efek yang bisa menenangkan. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!