Tips Menjaga Akun Medsos dari Incaran Peretas

26/09/2017 0 Comments
Tips Menjaga Akun Medsos dari Incaran Peretas

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Media sosial (medsos) seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya, bisa dimanfaatkan oleh para hacker untuk hal-hal yang bisa merugikan pemilik dan menguntung hacker.

Seperti notif penipuan dengan memakai akun medos yang sekarang sedang marak. Bahkan, perusahaan keamanan Symantec pernah merilis dalam laporan tahunannya, bahwa Indonesia masuk peringkat kesepuluh, sebagai negara dengan jumlah penipuan terbanyak di medsos, wilayah Asia Pasifik dan Jepang.

Nah, untuk mengatasi agar akun baik medsos maupun pesan elektronik tidak diretas orang yang tidak bertanggungjawab, profesor teknik elektro dan komputer dan juga anggota Fakultas CyLab di Carnegie Mellon University, Vyas Sekar, memberikan tips menghindari akun medsos dari incaran peretas.

Yang pertama pastikan password atau kata sandi yang ada di ponsel atau komputer, tidak boleh terbuka dan diketahui orang lain. Tujuannya, mencegah orang lain untuk mengakses medos.

Kedua, buatlah kata sandi yang tidak mudah diketahui oleh orang lain. Jangan menggunakan tanggal kelahiran baik Anda, istri atau anak. Pastikan password memakai kombinasi huruf dan angka. Agar tidak lupa, tulis password tersebut dan simpan ditempat yang aman.

Ketiga, pakai password yang berbeda untuk akun yang berbeda. Jangan satu password untuk beberapa akun.

Meski saat ini medsos seperti Facebook dibekali dengan sistem keamanan setingkat dengan bank serta toko online, belum lagi ditambah pengendali malware dan spam, namun jangan lupa para peretas ini sewaktu-waktu bisa saja membobol sistem keamanan seperti itu.

Jadi agar lebih aman dan nyaman ketika menggunakan medsos tersebut, alangkah baiknya perhatikan dan praktekan tiga tips di atas. (Adi/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!