Tips Menjaga Smartphone dengan Teknologi Fingerprint Scanner

30/09/2017
Tips Menjaga Smartphone dengan Teknologi Fingerprint Scanner

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Smartphone model sekarang dalam hal mengunci layar sudah menggunakan teknologi fingerprint scanner atau sensor sidik jari. Alasan vendor membuat kunci layar smartphone dengan fingerprint scanner yaitu untuk keamanan smartphone.

Jadi, smartphone yang menggunakan model tersebut akan membuat keamanan lebih terjamin karena orang lain tidak bisa membukanya. Selain itu, pemilik pun tidak harus repot dengan membuka pola atau pin/nomer yang kadang-kadang lupa.

Akan tetapi, adakalanya teknologi fingerprint scanner jika terlalu sering dipake akan ada masalah atau tidak berjalan dengan maksimal, itu jika tidak dirawat dengan baik.

Sedangkan bagaimana cara merawat fingerprint scanner yang ada di smartphone? Berikut ini tips menjaga fingerprint agar bisa berfungsi dengan normal.

# Cukup dua jari yang didaftarkan

Smartphone yang memakai fingerprint scanner dapat menyimpan 5 sidik jari. Namun lebih baik jika yang didaftarkan cukup dua jari saja. Pasalnya, semakin banyak yang dipakai untuk fingerprint padahal yang dipakai hanya satu atau dua jari, maka sensor tersebut akan menampung data yang tidak penting. Karena sidik jari yang didaftarkan akan tersimpan di memori ponsel.

# Hindari jari basah saat akan mengakses

Jika jari Anda yang dipakai untuk membuka fingerprint scanner basah, bisa mengakibatkan sensor atau alat elektronik lainnya menjadi cepat rusak. Hindari pula saat kondisi sedang hujan, karena air hujan akan masuk ke dalam perangkat smartphone, sehingga akan menyebabkan sensor rusak.  

# Jangan sampai tergores

Yang perlu diperhatikan lainnya yaitu pemindai sidik jari jangan sampai terkena goresan. Alasannya, sensor tersebut dibuat secara khusus untuk mengenali pola khas jari pemilik. Sehingga apabila ada goresan, kemungkinan besar sensor tidak akan mengenali sidik jari Anda.

# Khusus dipakai untuk jari

Fingerprint scanner yang ada di ponsel pintar dirancang untuk sidik jari, bukan untuk kulit lainnya. Jadi sangat disarankan apabila Anda akan mendaftar jangan menggunakan kulit lain selain jari, karena ditakutkan smartphone malah akan mengalami malfungsi. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles