Warga Bunter Ciamis Keluhkan Kondisi Jalan Rusak

Warga geram lantaran jalan desa yang menghubungkan antara Kecamatan Cisaga dengan Kecamatan Sukadana dibiarkan rusak parah. Foto : Tantan Mulyana/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Warga Dusun Cikondang, Desa Bunter, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, merasa geram. Pasalnya, jalan desa yang menghubungkan antara Kecamatan Cisaga dengan Kecamatan Sukadana dibiarkan rusak parah.

Berdasarkan pantauan Koran HR di lapangan, Selasa (05/09/2017) lalu, terlihat di sepanjang jalan itu banyak sekali ditemukan tulisan-tulisan bernada sindiran kepada pemerintah daerah. Kata sindiran itu diantaranya seperti “Selamat Datang di Objek Wisata Berlumbang”, “Hati-hati Jalan Rusak Dilarang Kecelakaan Disini, Jauh ke Rumah Sakit”.

Dan kata-kata yang paling menarik perhatian yakni “Kajeun Teu di Aspal Oge Jalan Ieu Mah, Ke Diaspal Mah Mun Urang Dieu Jadi Bupati” (Biarlah jalan ini tidak diaspal, nanti diaspal kalau orang sini jadi Bupati).

Kusnadi, warga sekitar, saat ditemui Koran HR, mengatakan, kerusakan jalan ini sudah berlangsung sejak lama. Menurutnya, jalan ini merupakan akses satu-satunya yang banyak digunakan warga Kecamatan Sukadana maupun warga Kecamatan Cisaga. Akses jalur alternatif ini jalur tercepat menuju ke Kecamatan Kawali maupun sebaliknya.

“Memang jalur ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, tidak hanya oleh warga masyarakat Sukadana saja, namun oleh seluruh warga Kabupaten Ciamis,” katanya.

Kepada Koran HR, Kusnadi mengungkapkan, warga Sukadana yang sakit biasanya selalu membawa sanak saudaranya berobat ke Kota Banjar. Dikarenakan jarak tempuh Rumah Sakit lebih dekat dibandingkan di bawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ciamis.

“Rumah Sakit Umum yang lebih dekat itu RSUD Kota Banjar. Jalan sini sangat dekat sekali dibandingkan ke RSUD Ciamis. Saya berharap sebagai masyarakat Pemerintah Daerah lebih mengutamakan akses jalan alternatif. Jangan selalu mementingkan akses jalan di perkotaan, kami juga mempunyai hak yang sama,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kurnia, warga lainnya, menambahkan, seluruh jalan yang berada di wilayah Kabupaten Ciamis sekarang ini sudah dilakukan perbaikan dengan kualitas jalan yang sangat bagus. Pemerintah Daerah seharusnya jangan pilih kasih, terutama dalam pembangunan Infrastruktur jalan.

“Keluhan kami ini harus harus disampaikan sama siapa lagi, pemimpin kami satu, tolonglah dengarkan keluhan kami. Wilayah sini jangan dianak-tirikan, perlakukanlah sama dengan masyarakat lainnya,” singkatnya. (Tan/Koran HR)

KOMENTAR ANDA