Berawal Nulis di Wattpad, Siswa SMP Ini Jadi Penulis Novel Profesional

19/10/2017 0 Comments
Berawal Nulis di Wattpad, Siswa SMP Ini Jadi Penulis Novel Profesional

Putri Azahra Haryanto alias Chachaii

Lifestyle, (harapanrakyat.com),-

Berawal dari kebiasaan menulis catatan hidupnya di buku diary sejak kelas 2 sekolah dasar (SD), tampaknya membawa Putri Azahra Haryanto alias Chachaii (14), warga Guruminda, Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat ini, menjadi seorang penulis novel profesional. Bahkan, dari menulis novel, sudah menghasilkan keuntungan rupiah yang cukup menjanjikan.

Siswi kelas III SMP Al Irsyad ini bahkan sudah menerbitkan novel bertajuk ‘IPA&IPS’. Hebatnya, sebelum dilirik penerbit, novel karyanya sempat dipampang di Wattpad. Alhasil, 6 juta pembaca menggemari novel karyanya.

Putri mengaku awalnya karya novel yang kini menjadi ngehits di kalangan remaja itu hanya untuk iseng-iseng saja. Selain itu, untuk menyalurkan hobi menulis dan menuangkan karyanya di Wattpad. Ternyata, di luar dugaan, novel yang menceritakan kisah anak SMA jurusan IPA dan IPS itu banyak digemari pembaca, khususnya kalangan remaja.

“Cerita novel ini sebetulnya diambil dari kisah kawan-kawan senior aku yang baru masuk SMA. Kemudian aku curahkan dalam sebuah cerita. Ternyata responnya luar biasa dan Alhamdulillah banyak orang yang baca dan suka,” kata putri dari pasangan Cepi Haryanto dan Sopi Avianti ini.

Menurut Putri, karya novelnya banyak menginspirasi dari buku cerita remaja karya Wulan Padi dan lainnya. Karena bakat menulisnya terus diasah dan ditampilkan di media Wattpad, akhirnya membuat Putri menjelma menjadi seorang penulis profesional.

Selain novel IPA&IPS, Putri pun kini tengah menyiapkan tiga karya lainnya, yakni novel berjudul Backstreet, Relationshit dan Rifaldino yang siap mewarnai karya-karya novelis lainnya.

“Dulu waktu kecil sempat curhat ke sesama teman, tapi dirasakan gak asik. Soalnya curhatan aku suka nyame lagi ke orang lain. Mulai dari situ aku jadi curhatnya menulis pada diary. Kemudian kebiasaan itu berlanjut sampai sekarang. Bedanya kalau sekarang lebih terarah ke nulis di Wattpad,” katanya.

Putri pun berharap novel karyanya itu bisa berkenan di hati pembaca. Dan dirinya pun bisa terus berkarya. Bahkan jika mendapat kesempatan, dia berharap karyanya bisa ditampilkan secara visual melalui sebuah cerita film.

Dalam kesempatan itu, Putri pun berbagi tips agar sebuah tulisan bisa dinilai berisi dan menarik dibaca. Menurutnya, kiat pertama yang harus diperhatikan adalah harus dikerjakan dengan serius dan dibuat scene dengan adegan yang menarik. “Intinya harus serius dan mencintai serta menyukai apa yang kita kerjakan. Insya Allah hasilnya akan lebih,” tuturnya.

Apabila anda penasaran ingin menbaca novel karya anak SMP ini, silahkan beli bukunya ke Toko Buku Gramedia di kota Anda!!! (R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!