Budaya Khas Ciamis dan Banjar Meriahkan Milangkala Pangandaran ke-5

22/10/2017 0 Comments
Budaya Khas Ciamis dan Banjar Meriahkan Milangkala Pangandaran ke-5

Penampilan Wayang Landung asli Panjalu Kabupaten Ciamis dalam Milangkala Kabupaten Pangandaran ke-5. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Karnaval budaya dalam rangkaian Milangkala Kabupaten Pangandaran ke-5 berlangsung meriah. Ribuan peserta yang berasal dari 10 kecamatan, SKPD, BUMN, Swasta, LSM, Ormas hingga kabupaten dan kota tetangga juga turut hadir menampilkan budaya masing-masing di hadapan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata.

Dalam tribun kehormatan, tampak Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan Wakilnya, H. Adang Hadari beserta jajarannya. Tidak ketinggalan pula Ketua DPRD Pangandaran H. Iwan M Ridwan beserta anggota DPRD.

Pantauan HR Online di lapangan, Kota Banjar menampilkan salah satu budaya khasnya yang dibawakan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata. Sementara itu, Kabupaten Ciamis menampilkan budaya Wayang Landung, salah satu karya asli Panjalu yang terinspirasi dari berbagai kesenian. Uniknya, wayang dengan tinggi 4 meter dan berat mencapai 25 kilogram itu dibawakan dengan lincah para pemainnya.

Selain itu, wayang terbuat dari daun pisang kering, kayu serta dedaunan membuat para pengunjung hadir terpukau. Bahkan, Bupati dan Wakil Bupati tampak antusias menyambut penampilan budaya khas Ciamis tersebut.

“Keren ya? Budaya dari kabupaten tetangga juga sangat khas. Ini luar biasa dan saya baru menyaksikan secara langsung. Gerakan-gerakannya sangat indah,” terang Dudung, salah satu warga kepada HR Online. (Mad/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!