Genjot Kesadaran Bayar PKB, CPPD Jabar Wilayah Banjar Gelar Operasi KTMDU

21/10/2017 0 Comments
Genjot Kesadaran Bayar PKB, CPPD Jabar Wilayah Banjar Gelar Operasi KTMDU

Kantor Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah (CPPD) Provinsi Wilayah Kota Banjar saat menggelar operasi KTMDU bersama Polres, Dishub dan PM Banjar. Foto: Tsabit/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Guna menggenjot pendapatan dari sektor Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Kantor Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah (CPPD) Provinsi Wilayah Kota Banjar menggelar Operasi Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU) di sejumlah lokasi di Banjar.

Operasi yang melibatkan Polres Banjar, Dishub Banjar, dan Polisi Militer Banjar, para petugas langsung memberhentikan kendaraan yang melintas untuk diminta kelengkapan berkendara, termasuk pengecekan pembayaran PKB.

“Seperti biasa kita bekerjasama dengan instansi lain seperti Polisi, Dishub dan PM. Tentu hal ini agar masyarakat lebih tertib dalam membayar pajak kendaraannya kepada pemerintah. Sebab, masih ada juga masyarakat yang terlena tidak membayar kewajiban pajak,” kata Kepala Seksi Penerimaan dan Penagihan Pajak CPPD Prov. Jabar Wilayah Kota Banjar, Asep Rachmat kepada HR Online, Kamis (19/10/2017) lalu.

Menurutnya, operasi KTMDU menjadi salah satu upaya untuk menyelamatkan pendapatan daerag dari sector PKB, apalagi dengan operasi tersebut masyarakat akan lebih sadar dalam berkendara maupun membayar kewajibannya kepada pemerintah.

“Dalam operasi ini, jika kedapatan ada pengendara yang surat kendaraannya belum di daftar ulang, maka bisa dibayar langsung di tempat operasi. Di sini kita sudah disiapkan satu unit mobil keliling pelayanan Samsat Online,” terangnya. 

Asep menambahkan, pihaknya terus meminimalisir kendaraan yang belum membayar pajak baik karena Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang atau KTMDU maupun yang belum melakukan daftar ulang (KBMDU). 

Sementara Kanit Regident Polres Banjar, IPTU Asep Kusmana, menuturkan hal senada. Sasaran dalam operasi KTMDU adalah ketertiban dalam berkendara serta menyasar para penunggak pajak kendaraan.

“Jika ada pengendara belum membayar pajak, maka akan diarahkan untuk langsung membayarkan pajak di lokasi operasi. Untuk itu, kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak telat dalam membayar pajak. Selain itu, demi keselamatan berlalu lintas, gunakanlah alat keselamatan berkendara seperti helm standar, membawa kelengkapan surat kendaraan. Jadilah pelopor berlalu lintas yang baik,” kata Asep kepada HR Online. (Tsabit/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!