Ini Bahayanya Jika Anda Menahan Kencing

23/10/2017 1 Comment
Ini Bahayanya Jika Anda Menahan Kencing

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Air kencing atau urine merupakan cairan sisa metabolisme tubuh yang harus dibuang. Sebelum dibuang dari dalam tubuh, urine ditampung di dalam kandung kemih.

Dilansir cnnindonesia.com, Senin (23/10/2017), jika kandung kemih sudah penuh maka akan memberi sinyal ke tubuh bahwa ini adalah saatnya Anda untuk buang air kecil. Namun sayangnya, banyak orang justru menyepelekan sinyal ini. Entah itu karena terlalu sibuk oleh pekerjaannya atau sulitnya mengakses toilet terdekat lantaran terjebak kemacetan, atau karena toilet kotor.

Dengan berbagai kondisi tersebut, ada beberapa orang yang lebih memilih untuk menahan kencing daripada harus kencing di toilet yang kotor. Lantas, berapa lama sebenarnya seseorang bisa menahan untuk buang air kecil?

Dikutip dari Womens Health, bahwa kemampuan tubuh seseorang bisa menahan kencing itu berbeda-beda, tergantung pada beberapa hal. “Kebanyakan perempuan bisa menahan kencing hingga enam jam, tapi ini pun bervariasi,” terang Benjamin Brucker, asisten profesor urologi di NYU Langone Medical Center.

Hal itu tergantung pada jumlah urin yang dihasilkan oleh seseorang, dan ini ditentukan pula oleh status hidrasi, penyerapan cairan, serta kapasitas fungsi ginjal yang ditentukan juga oleh kombinasi ukuran dan sensitivitas ginjal. Meski begitu, ada bahaya yang mengintai di balik kebiasaan menahan kencing.

Dikutip dari Mens Health, Direktur Duke Prostate Center Division of Urologic Surgery, Judd W. Moul, mengatakan, menahan kencing dapat menyebabkan masalah serius. Dalam kasus yang serius dan mengerikan, menahan kencing bisa menjadi masalah serius bagi pria.

“Ada seorang tentara muda yang datang setelah dia mabuk dan pingsan semalaman. Ternyata kandung kemihnya menahan beban sekitar tiga botol wine sehingga menyebabkannya jadi mengembung seperti kantung kendur. Sejak saat itu, si pasien tak bisa lagi kencing secara dan harus menggunakan kateter di penisnya antara 4 sampai 6 kali sehari,” kata Moul.

Sedangkan, menurut Joshua Meeks, urologis dari Northwestern Medicine, mengungkapkan bahwa secara umum beberapa bahaya lain dari menahan kencing adalah kencing yang menyakitkan, infeksi kandung kemih hingga merusak ginjal. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

1 Comment

    Leave a Reply