Ini Penyebab Orang Sering Ngiler Saat Tidur

18/10/2017 0 Comments
Ini Penyebab Orang Sering Ngiler Saat Tidur

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Pasti Anda pernah mengalami pas bangun tidur, bantal sudah basah sampai membentuk seperti gugusan pulau, atau masyarakat sering menyebutnya ngiler. Jangan malu jika Anda mengalami hal tersebut, karena ngiler merupakan hal yang wajar.

Lantas apa penyebabnya sehingga bisa terjadi ngiler saat tidur? Menurut penjelasan medis seperti dirangkum dari berbagai sumber, ngiler atau ngeces ini disebabkan karena keadaan mulut yang kering.

Saat mulut kering ini akan memicu produksi air liur yang berlebih, kemudian air liur tersebut akan keluar sendiri jika sudah mencapai batas tertentu pada saat tidur. Inilah yang dinamakan ngiler.

Bisa juga ngiler karena disebabkan mulut terbuka. Mulut terbuka saat tidur sebagai penyebab berkurangnya kelembaban pada rongga mulut, sehingga akan cepat kering. Proses seperti ini lebih berpotensi menyebabkan ngiler.

Penyebab lainnya yaitu pada saat posisi tidur tengkurap. Saat posisi ini pasti kepala akan menjadi miring, sehingga rahang terdorong dan mulut pun akan terbuka. Namun kasus ini beda dengan orang yang tidurnya dengan posisi miring. Pasalnya, posisi tidur miring tidak membuat mulut terbuka.

Selain itu dapat juga disebabkan karena dalam keadaan sakit gigi dan gusi. Sata tertidur dalam keadaan sakit seperti itu, membuat kita sering menarik angin ke dalam mulut. Hal itulah yang menjadikan mulut cepat kering, serta menstimulan kelenjar ludah untuk membuat air liur lebih banyak. Nah saat tidur inilah, air liur yang diproduksi dalam jumlah banyak menjadi tidak terkontrol, sehingga akan keluar melalui mulut. Ngiler deh jadinya.

Efek obat atau zat kimia lainnya juga bisa menyebabkan ngiler. Sama seperti penjelasan di atas, masalah utama dari ngiler yaitu mulut kering. Ini yang menjadi efek samping setelah Anda meminum obat atau zat kimia tertentu. (Adi/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!