Pemkot Banjar Kirim Pengusaha Ikuti Pelatihan WUB Ke Bandung

23/10/2017 0 Comments
Pemkot Banjar Kirim Pengusaha Ikuti Pelatihan WUB Ke Bandung

Para pengusaha yang akan diberangkatkan ke Bandung untuk mengikuti pelatihan kewirausahaan, Minggu (22/10/2017). Foto : Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak 40 peserta Wirausaha Baru (WUB) se Kota Banjar diberangkatkan oleh Disperindagkop Kota Banjar ke Bandung untuk mengikuti pelatihan kewirausahaan, Minggu (22/10/2017) pagi tadi sekitar pukul 09.00 WIB.

Kegiatan yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat ini, dilaksanakan di Hotel Narapati selama lima hari. Para peserta yang akan mengikuti pelatihan ini mulai dari yang pemula atau yang baru merintis usaha sampai yang sudah berjalan usahanya.

Kepala Bidang Industri Disperindagkop Kota Banjar, Ian Rachmawan melalui Kasie Bina Sarana, Yadi Suryadi Praja mengatakan, kegiatan ini untuk menambah keilmuan tentang kewirausahaan. Selain itu, peserta WUB juga diharapkan bisa membentuk suatu jaringan usaha khususnya di Jawa Barat.

“Jaringan ini nanti kedepannya bisa saling kerjasama dalam hal usahanya, khususnya di bidang Industri yang diutamakan terutama produk makanan & minuman olahan, konfeksi dan kerajinan,” ujarnya kepada HR Online, Senin (23/10/2017).

Yadi menambahkan, sebelum diberangkatkan ke Bandung, kegiatan ini dilakukan secara bertahap, mulai dari pendaftaran atau seleksi penjaringan peserta WUB. Setelah diseleksi kemudian berlanjut pada pelatihan WUB, yang diselenggarakan di Bandung.

Peserta yang mengikuti program WUB ini dilaksanakan di setiap kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat. Dalam hal penjaringan dilakukan oleh Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Banjar dibantu juga oleh pendamping WUB yang ditunjuk oleh provinsi dan di tempatkan di kabupaten/kota masing-masing.

Tak lepas juga peran dari peserta WUB Kota Banjar yang terdahulu hingga sekarang membentuk suatu wadah yang bernama “Rumah WUB” yang beralamat di Lingkung Cimanyan 1, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar.

“Tujuan dibentuknya rumah WUB ini sangat positif sekali, selain bisa menjaring juga sebagai sarana komunikasi antar para pelaku wira usaha di Kota Banjar,” imbuhnya.

Masih kata Yadi, program ini juga bertujuan untuk mencetak WUB, dimana program tersebut untuk mengurangi angka pengangguran.

“Tujuan utamanya adalah semakin bertambahnya geliatnya pelaku usaha sebagai sumber penghasilan ekonomi untuk masyarakat,” pungkas Yadi. (Hermanto/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!