Peringati Hari Santri dan Bulan Bahasa, YRBK Banjar Gelar Safari Literasi

22/10/2017 0 Comments
Peringati Hari Santri dan Bulan Bahasa, YRBK Banjar Gelar Safari Literasi

YRBK Banjar saat melakukan safari literasi di SMKNU Langensari Banjar. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka Hari Santri Nasional (HSN) 2017 dan bulan bahasa, Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) Kota Banjar menggelar safari literasi ke SMK NU Langensari Kota Banjar, Sabtu (21/10/2017).

Di hadapan puluhan siswa, Pendiri YRBK Sofian Munawar dan Sekretaris YRBK Ivan Mahendrawanto mengajak para siswa untuk menumbuhkembangkan budaya literasi di sekolah maupun di pesantren. Hal tersebut disampaikan sebagaimana para ulama terdahulu yang sudah mencontohkan dengan berbagai karya yang bisa dipelajari hingga saat ini.

Menurut Sofian Munawar, momen HSN dan bulan bahasa adalah waktu yang tepat untuk menumbuhkan kembali semangat literasi masyarakat, termasuk para siswa maupun santri. Terlebih kegiatan literasi didukung oleh pemerintah melalui  Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015.

“Pada peringatan hari santri ini kita mencoba merefleksikan kembali semangat perjuangan para santri maupun para ulama. Dahulu, mereka berjuang mempertahankan Indonesia dari para penjajah, berperang secara fisik dengan penjajah. Sedangkan saat ini tugas kita adalah melanjutkan perjuangan mereka, salah satunya dengan melepas belenggu kebodohan melalui semangat literasi,” jelasnya kepada HR Online.

Ia menegaskan, persoalan bangsa saat ini yang masih melekat seperti kemiskinan, pengangguran, kriminal serta masalah lainnya dapat diatasi dengan pola penyadaran masyarakat dengan peningkatan ilmu pengetahuan yang dibarengi kemampuan (skill). Untuk mencapainya, Sofian berkata, kegiatan literasi adalah salah satu jawaban yang tepat agar masyarakat terbebas dari persoalan bangsa ini.

“Negara kita masih jauh tertinggal angka minat bacanya dibandingkan dengan Negara lain. Maka pantaslah bila persoalan terus menerus bertambah. Akan tetapi, dengan kondisi itu kita jangan sampai berdiam diri, namun harus bangkit melalui gerakan literasi yang harus ditumbuhkan sejak dini kepada masyarakat, terutama kepada para siswa dan santri,” katanya lagi.

Dari pantauan HR Online di lapangan, selain menyambangi siswa SMK NU Langensari, YRBK Banjar juga berkesempatan melakukan perkenalan dengan para mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Banjar di Gedung Dakwah Islam Langensari.

YRBK Banjar saat bersama para mahasiswa calon anggota PMII Kota Banjar di Gedung Dakwah Islam Langensari Kota Banjar. Foto: Istimewa

Di lokasi mahasiswa yang tengah mengikuti Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) PMII, Sofian mengajak para mahasiswa untuk mendorong semangat literasi di kampus. Tak hanya itu, ia juga mengajak para aktivis untuk bersinergi dengan YRBK dalam berbagai kegiatan, termasuk sharing gagasan demi mewujudkan wajah Kota Banjar lebih baik lagi.

“Pada prinsipnya kita menggandeng semua kalangan, termasuk mahasiswa, demi tumbuhnya budaya literasi di Banjar. Ketika hal ini bisa berjalan baik, saya yakin secara otomatis Banjar akan lebih baik lagi dari berbagai sector seperti di kota atau kabupaten lain,” pungkasnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!