Ritual Mandi Kembang Berkhasiat Bikin Awet Muda

Ritual Mandi Kembang Berkhasiat Bikin Awet Muda

Ilustrasi. Fhoto : Ist/ Net

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Mandi kembang merupakan salah satu ritual yang akrab di kalangan orang Jawa. Ritual ini biasa dilakukan di malam satu syuro. Sebagian orang menyebut, ritual mandi kembang ini berhubungan dengan masalah mistis, klenik serta kekuatan gaib.

Bagi yang meyakininya, ritual mandi kembang malam satu syuro sebenarnya dilaksanakan dalam rangka menyucikan diri, hati serta pikiran. Ritual ini dilakukan dengan cara berendam di air yang sebelumnya sudah ditaburi beragam jenis bunga, sepertihalnya bunga kenanga, melati dan mawar.

Tapi tahukah anda, dari sisi kesehatan, ritual mandi kembang seperti ini ternyata memiliki manfaat bagi mood yang melakukannya. Pasalnya, aroma bunga-bungaan yang keluar mempengaruhi suasana hati saat menghirupnya.  

Dilansir dari thehealthsite.com, berikut ini khasiat mandi kembang untuk kesehatan.

#1. Turunkan Berat Badan

Senyawa yang terdapat dalam bunga, khususnya kelopak bunga mawar, dapat meningkatkan metabolisme, membersihkan racun. Kandungan ini juga memicu terjadinya penuruan berat badan. Apalagi bila kelopak bunga mawar itu dikonsumsi. Selain bermanfaat untuk indera, juga mencegah anda tidak makan berlebihan. Dengan begitu program penurunan berat badan anda terbantu dengan alami.

#2. Afrodisiak Alami

Kandungan yang terdapat dalam bunga, khususnya kelopak bunga mawar, ternyata mengandung afrodisiak (perangsang) alami. Kandungan ini bermanfaat membantu mereka yang sedang aktif secara “seksual”. Selain itu, kandungan ini juga bisa mengendalikan pikiran, sistem saraf bahkan jantung.   

#3. Redakan Stres & Depresi

Mandi kembang mampu mengatasi stres, depresi akibat kelelahan. Dengan mandi kembang, pikiran akan menjadi lebih rilek. Menurut sebuah studi, aroma bungan yang terhirup saat mandi kembang mengeluarkan efek sedatif (obat depresi).

#4. Mengatasi Wasir

Penyakit wasir ternyata bisa diatasi dengan mandi kembang. Soalnya, kembang atau bunga, sangat kaya serat dan air. Senyawa yang terdapat dalam bunga membuat proses pencernaan lebih baik, karena mampu membuang racun dari dalam tubuh.

#5. Awet Muda

Mandi kembang juga mengatasi iritasi kulit sensitif. Mandi kembang justru menyeimbangkan kulit yang berminyak, mampu menghaluskan dan juga menyegarkan warna kulit. Bunga berfungsi sebagai pembersih juga toner alami bagi kulit, sehingga membuat anda jadi terlihat awet muda. Bunga mawar khususnya, merupakan antioksidan yang dapat mengatasi iritasi dan gatal.

#6. Hilangkan Jerawat

Masalah jerawat juga bisa diatasi dengan mandi kembang. Selain sebagai pelembab, bunga yang digunakan, khususnya mawar, mengandung fenil etanol atau senyawa antiseptik yang dapat melawan keluhan masalah jerawat. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles