Tingkatkan SDM, Pemdes Jajawar Banjar Gelar Berbagai Kegiatan Pembinaan Kemasyarakatan

Berbagai kegiatan pembinaan dan pelatihan yang digelar Pemerintah Desa Jajawar, baik untuk lembaga yang ada di lingkup pemerintah desa maupun masyarakat lainnya. Photo: Istimewa.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka peningkatan sumber daya manusia, Pemerintah Desa Jajawar, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, belum lama ini menggelar berbagai kegiatan pembinaan kemasyarakatan desa, baik untuk lembaga yang ada di lingkup pemerintah desa maupun masyarakat lainnya.

Hal itu dikatakan Kepala Desa Jajawar, Samsudin, S.Pd.I., saat ditemui Koran HR di ruang kerjanya, Senin (25/09/2017) lalu, bahwa kegiatan tersebut sengaja digelar agar wawasan dan pengetahuan masyarakat Desa Jajawar meningkat.

“Saya berharap masyarakat Desa Jajawar memiliki semangat yang sama untuk mewujudkan dan menuju Desa Jajawar menjadi desa yang mandiri,” tandasnya.

Adapun jenis kegiatan kelembagaan yang telah dilaksanakan diantaranya, pembinaan RT/RW dengan materi administrasi kependudukan dan konsep menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kemudian, pembinaan LPM dengan materi manajemen organisasi dan tata cara pengadaan barang di desa, pembinaan PKK dengan materi manajemen organisasi dan manajemen keuangan rumah tangga.

Selanjutnya, pembinaan bidang keagamaan dengan materi tata cara pemulasaraan jenazah dan umroh, serta pelatihan kewirausahaan bagi para kepala keluarga dengan materi pengelolaan keuangan keluarga.

“Itu semua dilaksanakan semata-mata agar Pemdes Jajawar lebih berbaur dengan masyarakat. Juga yang paling utama dilaksanakannya program pembinaan, baik untuk OPD maupun masyarakat. Tujuannya supaya yang ada di jajaran OPD lebih giat dan ikhlas mengemban tugas,” harapnya.

Syamsudin menilai, manfaat dari pembinaan bagi masyarakat tentunya akan memunculkan semangat membangun dan memajukan desanya. Karena, dengan didasari tekad yang kuat, pihaknya yakin bahwa ilmu dan wawasan adalah jembatan menuju kesuksesan. Sehingga, visi misi Pemdes Jajawar bisa diwujudkan secara bersama oleh masyarakat dan pemerintah desa. (AM/Koran HR)

KOMENTAR ANDA