Wujudkan Ketahanan Pangan, Koramil Banjarsari Ciamis Buka Lahan 41 Hektar

20/10/2017 0 Comments
Wujudkan Ketahanan Pangan, Koramil Banjarsari Ciamis Buka Lahan 41 Hektar

TNI dari Koramil  1317 Banjarsari bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan ketahanan pangan, membuka lahan perkebunan seluas 41 hektar untuk dijadikan lahan pesawahan. Foto : Suherman/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Ciamis, TNI dari Koramil  1317 Banjarsari bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan ketahanan pangan, membuka lahan perkebunan untuk dijadikan lahan pesawahan.

Pembukaan lahan tersebut dilakukan di Desa Cicapar dan Desa Ratawangi, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Upaya tersebut mendapatkan respon positif dari masyarakat dan para pemilik lahan.

Yono, warga setempat, ketika dimintai tanggapan, Senin (16/09/2017) lalu, menuturkan, pembukaan lahan pesawahan di daerah tersebut sangatlah menguntungkan bagi masyarakat, terutama para pemilik lahan.

Menurut Yono, pembukaan lahan kebun yang kini dijadikan area pesawahan tersebut akan mendongkrak perekonomian warga, khususnya dalam segi ketersediaan pangan.

“Kami atas nama masyarakat Desa Cicapar mengucapkan banyak terimakasih kepada TNI. Karena mereka telah berkiprah dan terjun langsung untuk membuka lahan pertanian (sawah) untuk warga. Dengan adanya program ini, jelas kami merasa sangat terbantu sekali,” katanya.

Danramil Banjarsari, Mayor  Arh. Wilde Pangalerang, ketika ditemui Koran HR, Senin (16/10/2017) lalu, menegaskan, sebagaimana ketentuan TNI memiliki tugas serta peran dalam bidang pertanian.

Wilde menjelaskan, saat ini pihaknya sedang berusaha membukan lahan seluas 41 hektar di dua wilayah, meliputi wilayah Desa Cicapar dan Desa Ratawangi. Menurut dia, pembukaan lahan tersebut berada di atas kebun warga.  

“Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama dengan Kementerian Pertanian dan Ketahanan Pangan. Kami bersama anggota sedang membuka lahan di dua desa menggunakan alat berat. Untuk lokasi yang dijadikan lahan pesawahan adalah kebun milik warga. Nantinya lahan itu akan dikelola kembali oleh masyarakat pemilik lahan. Insyaallah hingga Bulan Desember mendatang program ini bisa kami selesaikan,” katanya.

Diakui Wilde, kegiatan pembukaan lahan tersebut mendapat apresiasi dari masyarakat. Buktinya, banyak warga yang ikut membantu pihak TNI saat pembukaan lahan dilakukan. Dia berharap program tersebut berjalan sesuai harapan.

BMBKB Apresiasi Upaya TNI Buka Lahan

Barisan Muda Banjarsari Kawasen Bersatu (BMBKB) mengapreasiasi upaya pihak TNI melakukan kegiatan pembukaan area pesawahan seluas 41 hektar di wilayah Desa Cicapar dan Ratawangi. 

Ketua BMBKB, Muhammad Fatoni, ketika ditemui Koran HR, Senin (16/10/2017), mengaku sangat mendukung program pembukaan lahan yang dilaksanakan TNI. Menurut dia, program tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Untuk menghindari terjadinya pungutan liar yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, kami (BMBKB) ikut mengawal. Karena program ini gratis untuk warga. Dan alhamdulillah kami tidak menemukan pungutan apapun kepada warga,” katanya. (Suherman/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!