Akibat Abrasi, Tiga Makam di Ciamis Hanyut ke Sungai

22/11/2017 Berita Terbaru
Akibat Abrasi, Tiga Makam di Ciamis Hanyut ke Sungai

Kondisi makam yang mengalami longsor akibat abrasi Sungai Cileur di Lingkungan Panoongan RT 02 RW 15, Kelurahan Ciamis, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pemakaman Barak yang berada di Lingkungan Panoongan RT 02 RW 15, Kelurahan Ciamis, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis mengalami longsor. Lokasi yang persis berdekatan dengan Sungai Ciluer tersebut setidaknya membuat 5 makam terbawa longsor, bahkan tiga di antaranya hanyut ke sungai dan dua lainnya kain kafannya terlihat.

Adong (70), penjaga makam, mengatakan, kejadian tersebut disebabkan kondisi hujan yang terus mengguyur di wilayahnya yang menyebabkan debit air sungai meningkat. Sehingga, abrasi pun terjadi.

“Kejadian ini bukan pertama kali, namun sebelumnya pernah terjadi. Longsoran bisa jadi nanti malam terjadi lagi karena kondisinya sudah mengkhawatirkan,” terangnya kepada HR Online, Rabu (22/11/2017).

Adong menambahkan, sebelumnya pada Selasa (21/11/2017) kemarin dirinya berencana akan memperbaiki longsoran tanah lantaran diketahui ada tiga makam yang kain kafannya sudah terlihat menggantung di tebing. Namun karena hujan turun kembali, ia mengurungkan niatnya.

“Nah tadi saya bersama petugas makam lainnya akan memperbaikinya, namun saat dilihat makamnya sudah tidak ada karena terbawa longsor dan hanyut,” imbuhnya. (Es/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles