Efek Buruk Membiasakan Duduk dengan Menyilangkan Kaki

Efek Buruk Membiasakan Duduk dengan Menyilangkan Kaki

Ilustrasi. Foto : net/ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Salah satu kebiasaan dari wanita saat duduk yaitu posisi dengan menyilangkan kaki. Alasannya, posisi tersebut terkesan kelihatan elegan. Padahal, kebiasaan duduk menyilangkan kaki akan berdampak tidak baik untuk tubuh.

Dikutip dari berbagai sumber, ini efek pada tubuh yang duduk sambil kaki disilang

# Varises

Menurut kardiologis dari Cedar Sinai Medical Center, Hooman Madyoon, duduk dengan kaki disilang bisa menambah tekanan di pembuluh darah yang tugasnya untuk mengalirkan darah kembali ke jantung. Dengan posisi tersebut, kaki yang berada di atas akan menekan kaki satunya lagi. Dampaknya, aliran darah pada kaki yang ditekan ini akan terhambat. Itulah yang menyebabkan terjadinya varises.

# Pegal di leher dan punggung

Ahli terapis ortopedi, Vivian Eisenstadt mengungkapkan, duduk dengan menyilangkan kaki bisa berakibat pegal atau sakit pada bagian leher serta punggung. Alasannya, kaki di silangkan ini bisa menjadikan masalah di pinggul, yang selanjutnya akan berimbas ke tulang belakang. Jadi, apabila Anda terlalu lama duduk dengan posisi itu, maka tekanan di tulang belakang akan semakin besar sehingga akan semakin pegal.

Menurutnya, posisi duduk yang ideal yaitu kedua tapak kaki menyentuh lantai. Sarannya, saat duduk sebaiknya tumit dan lutut membentuk sudut 90 derajat, serta jaga keseimbangan tulang punggung. Itulah posisi yang sempurna untuk duduk.

# Berdampak buruk pada saraf

Saraf kaki akan terpengaruhi apabila duduk dengan kaki disilangkan, karena tekanan darah di kaki meningkat. Saraf kaki yang terganggu yaitu saraf peroneal, yang fungsinya untuk kepekaan dan memberikan gerakan di bawah kaki termasuk jari-jari kaki.

Tekanan tersebut bisa mengakibatkan mati rasa kemudian akan terjadi lumpuh sementara di sebagian otot pada kaki. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles