Hasil Panen Padi Turun Drastis, Petani di Cipaku Ciamis Merugi

08/11/2017 0 Comments
Hasil Panen Padi Turun Drastis, Petani di Cipaku Ciamis Merugi

Di musim panen kali ini, para petani di Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, mengeluh akibat hasil panennya tidak sesuai harapan. Photo: Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Musim panen kali ini, para petani di Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengalami kerugian karena hasil panen padi yang mereka dapat menurun drastis.

Seperti diungkapkan Kartiwan, salah seorang petani, kepada HR Online, Rabu (08/11/2017), bahwa masa panen tahun ini hampir semua petani mengeluh lantaran hasil panenannya tidak sesuai harapan.

“Pada musim panen tahun lalu, dari per 100 bata, para petani sedikitnya bisa mendapatkan 5 sampai 6 kuintal gabah kering. Sedangkan, musim panen sekarang, dari per 100 bata paling banter mendapatkan 2 kuintal gabah kering,” tutur Kartiwan.

Daye, petani lainnya, menambahkan, musim panen tahun ini hampir semua petani merugi, sebab hasil yang didapat lebih kecil dari biaya produksi. Menurunnya hasil panen padi selain akibat sulitnya air setelah masa tanam, juga dikarenakan serangan hama wereng yang merajalela.

“Meski kita melakukan panen, namun hati kecil kita menjerit. Jangankan untuk sewa sawah, biaya produksi yang dikeluarkan pun tidak akan terganti,” keluhnya. (Dji/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!