Hebat, Bumdes di Pangandaran Ini Jadi Tempat Study Banding 3 Kementrian

Hebat, Bumdes di Pangandaran Ini Jadi Tempat Study Banding 3 Kementrian

Peserta study banding dari Kementrian Desa, Kementrian PPN/Bappenas dan Kementrian Pariwisata RI saat berfoto bersama di depan halaman Bumdes Guha Bau di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Kementrian Desa, Kementrian PPN/Bappenas dan Kementrian Pariwisata RI melakukan kunjungan ke Bumdes Guha Bau di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran dalam rangka study banding Bumdes berbasis kemaritiman dan kepariwisataan guna menggali potensi dan memecahkan permasalahan di berbagai daerah.

Menurut Ketua Bumdes Guha Bau, Teten, menjelaskan, Bumdesnya tersebut dalam pelaksanaan pengelolaannya lebih menonjolkan pada usaha berbasis desa wisata, yakni menggali potensi untuk pengembangan wisata, seni budaya, perikanan darat dan pertanian yang menjadi satu kesatuan yang terintegrasi.

“Kami harap ke depannya Bumdes Guha Bau ini lebih berkembang dan maju serta mampu berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui pemberdayaan dan PADes,” ujar Teten kepada HR Online saat menerima kunjungan dari 3 kementrian tersebut, Sabtu (18/11/2017) lalu.

Teten menjabarkan, Bumdes Guha Bau yang berlokasi di obyek wisata Green Canyon mengelola jasa body rafting, pengelolaan kios desa, jasa perahu, pembuatan souvernis, warung Bumdes. Sementara yang akan digarap di antaranya bidang perikanan darat serta pembangunan pangkalan gas elpiji ukuran 3 kilogram.

Selain itu, lanjut Teten, Desa Kertayasa juga masuk dalam daftar potensi desa wisata di Pangandaran yang di antaranya Desa Pamotan, Desa Babakan, Desa Cikalong, Desa Ciakar, Desa Margacinta, Desa Sukaresik, Desa Selasari, Desa Maruyungsari, dan Desa Sidomulyo. 

“Kami berkeinginan untuk mendapatkan dukungan dari semua pihak, terutama bantuan modal untuk menunjang kegiatan dan pengembangan usaha kami. Masuknya desa kami sebagai salah satu potensi desa wisata tentu sangat membanggakan, apalagi bila terus didorong oleh berbagai pihak,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan dan Desa Kabupaten Pangandaran, Dani Hamdani, mengatakan, pihaknya terus mengarahkan dan berupaya menggali potensi Bumdes di Pangandaran ke arah pengembangan wisata, seni budaya, pertanian dan perikanan darat yang menjadi satu kesatuan.

“Kami harap ke depannya lebih maju lagi dan berkembang,” singkat Dani kepada HR Online. (Mad/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles