Ini Rahasia Smartphone “Made In China” Dijual Murah

17/11/2017 Berita Terbaru , Teknologi
Ini Rahasia Smartphone “Made In China” Dijual Murah

Ilustrasi. Foto : net/ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Pangsa pasar produk elektronik dari China di Indonesia mulai meningkat. Produk seperti televisi, peralatan rumah tangga dan lain-lain mulai diburu oleh masyarakat Indonesia. Salah satu keunggulannya yaitu harganya yang murah dibanding produk dari negara lain.

Tak ketinggalan smartphone made in China yang harga dibawah rata-rata namun kualitas hampir sama dengan yang mahal. Walaupun Apple serta Samsung buatan Korea menjadi raja smartphone, namun vendor asal China bisa menguasai pangsa pasar hampir di seluruh dunia.

Produk smartphone buatan Tiongkok ini seperti Oppo, Huawei serta Vivo mulai menunjukkan taringnya, bahkan di tahun ini penjualannya naik 7 % dibanding tahun sebelumnya.

Dibalik harga jualnya yang bisa murah, tentu ada rahasianya. Dikutip dari berbagai sumber, harga jual ponsel pintar China lebih murah karena negeri Tirai Bambu ini memiliki bahan baku untuk produksi smartphone yang melimpah.  

Kemudian upah tenaga kerja yang sangat rendah. China merupakan negara yang upah tenaga kerjanya terendah di dunia. Sehingga tidak aneh jika banyak berdiri pabrik pembuatan smartphone.

Selain itu, marketing yang murah. Kita tahu Xiaomi merupakan salah satu smartphone terkenal asal China. Untuk membuat Xiaomi dan produk lainnya, ternyata tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk memasarkannya. Pasalnya, mereka mempunyai strategi yaitu dengan memasarkan lewat internet atau penjualan online.

Lain halnya dengan perusahaan dari negara lain, seperti Apple dan Samsung yang tidak mengeluarkan biaya sedikit untuk promosi, baik itu lewat iklan di televisi atau media massa lainnya, atau pun membangun service center dan toko.  

Saat pertama kali keluar smartphone made in China, banyak konsumen yang tidak percaya kualitasnya. Mending beli yang mahal sekalian yang penting tidak cepat rusak. Namun, dari tahun ke tahun, China mulai memperbaiki kualitas smartphonenya.

Seperti halnya di tahun 2016, mereka tidak hanya memasarkan smartphone dengan kualitas murahan, namun mengembangkan ponsel pintar kualitas premium dengan harga yang miring.

Sehingga, dengan semakin baiknya kualitas dan harga murah yang ada di smartphone China ini, maka tak salah jika penjualan produknya dari tahun ke tahun semakin meningkat. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles