Jalur Emplak Pangandaran Rawan Bencana Alam, Masyarakat Dihimbau Waspada

11/11/2017 0 Comments
Jalur Emplak Pangandaran Rawan Bencana Alam, Masyarakat Dihimbau Waspada

Salah satu tebing yang mengalami longsor di jalur Emplak Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Kabupaten Pangandaran perlu menjadi perhatian masyarakat, khususnya di daerah yang rawan bencana.

Agus Supriatman, salah seorang warga Emplak Kalipucang, mengatakan, wilayahnya merupakan salah satu jalur utama menuju kawasan wisata Pangandaran yang melintasi areal pegunungan. Dengan kondisi hujan yang terus mengguyur, ia berharap para pengendara maupun wisatawan untuk tetap waspada.

“Tidak ada salahnya untuk antisipasi dari bahaya bencana alam. Apalagi selain hujan deras, angin kencang juga perlu diwaspadai guna menjaga keselamatan diri,” ujarnya kepada HR Online, Sabtu (11/11/2017).

Agus menambahkan, sepanjang jalur Emplak diketahui minim lampu penerang jalan. Karena itu, berharap pemerintah untuk memasangnya agar dapat meminimalisir angka kecelakaan.

“Terutama jika malam hari kondisinya gelap. Hal ini tentu banyak sekali kemungkinannya, khususnya bahaya kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Pangandaran, Nana Ruhena, membenarkan bahwa jalur Emplak merupakan daerah rawan longsor dan pohon tumbang. Ia menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan saat melintas, apalagi saat musim hujan ini.

“Soal lampu penerang jalan, itu bukan kewenangan kami. Pada prinsipnya kita harus selalu waspada,” tegasnya. (Ntang/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!