Pemdes Sidarahayu Ciamis Realisasikan Pembangunan Melalui ADD & DD Tahap II

Pemdes Sidarahayu Ciamis Realisasikan Pembangunan Melalui ADD & DD Tahap II

Warga tengah bergotong-royong membangun jalan di lingkungannya. Foto: Eva/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Desa Sidarahayu, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, telah merealisasikan pembangunan saluran irigasi di Dusun Pasungsari dan Talangbanteng. Pembangunan tersebut dibiayai dari Alokasi Dana Desa (ADD) tahap II Tahun Anggaran (TA) 2017.

Sedangkan, untuk Dana Desa (DD) tahap II akan dialokasikan untuk pembangunan fisik dan pemberdayaan. Untuk pembangunan fisik berupa 5 titik jalan rabat beton di Dusun Manganti, dan 1 titik pembangunan saluran pembuangan.

“Kalau pemberdayaannya berupa bantuan modal BUMDes Sidarahayu, dalam hal ini akan melakukan pembangunan gedung unit usaha BUMDes, yakni usaha material. Sementara kegiatan lainnya, yaitu untuk mengalihkan hama tikus, kami beserta warga pada hari Minggu (12/11/2017), akan menggrepyok hama tikus di blok pesawahan Bacang dan Kawali, Dusun Talangbanteng,” terang Kepala Desa Sidarahayu, Pipin Kholis, kepada Koran HR, saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (10/11/2017) lalu.

Lebih lanjut Kepala Desa Sidarahayu mengatakan, bahwa DD tahap I dan II dialokasikan paling banyak di Dusun Manganti, yakni sebesar 70 persen, sehingga 90 persen infrastruktur jalan di dusun tersebut sudah rabat beton. Kemudian, 30 persennya dialokasikan untuk pembangunan di Dusun Talangbanteng.

“Kalau ADD tahap III rencananya akan dialokasikan pada pembuatan jembatan usaha tani untuk mempermudah akses warga petani. ADD tahap III rencananya cair dalam minggu-minggu ini. Sedangkan, untuk pengerjaan jembatan sendiri tidak akan lebih dari 15 hari, Insya Alloh,” tuturnya.

Pipin Kholis menambahkan, selain melakukan berbagai kegiatan pembangunan fisik maupun non fisik, dalam rangka meyambut Tahun Baru Islam, pihaknya beserta warga juga telah melakukan kegiatan pawai obor dan pengajian yang digelar di Pendopo Desa Sidarahayu. (Eva/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles