Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Smartphone Android

21/11/2017 Berita Terbaru , Teknologi
Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Smartphone Android

Ilustrasi. Foto : net/ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Dengan ramainya smartphone Android yang keluar di pasaran, membuat para konsumen tidak kesulitan untuk membelinya, namun yang menjadi masalah yaitu bingung untuk menentukan pilihan mana yang pantas untuk dibeli.

Pasalnya, saat ini beredar Android dengan beragam spesifikasi, varian warna, bentuk dan harga. Selain itu, dari masing-masing smartphone tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya.

Agar Anda tidak bingung mana Android yang pantas dibeli, ada beberapa yang harus diperhatikan seperti dilansir dari laman Make Use Of, Minggu (19/11/2017).

# Prosesor

Prosesor merupakan otak dari semua kinerja yang teroperasikan pada device smarthpone. Sehingga dengan menjadikannya prosesor sebagai otak dari Android, maka itu menjadikan hal pertama yang harus diperhatikan.

Meski prosesor sangat penting sebagai bahan referensi, namun banyak konsumen yang mengabaikannya. Sebelum membeli smartphone, biasanya orang lebih tertarik melihat RAM, warna dan yang pasti kamera.

Ada beberapa macam prosesor yang saat ini digunakan di Android, diantaranya Qualcomm Snapdragon, Mediatek, Intel, OMAP, Nvidia Tegra, Exynos.

Agar kinerja Android berjalan lancar dan ngacir, prosesor perlu didukung juga oleh perangkat lainnya, seperti RAM, VGA dan lainnya.

# RAM

Prosesor bagus dengan 1GHz belum tentu kinerja Android akan cepat. Karena jika tidak didukung oleh RAM (Random-Access Memory) yang mumpuni, maka mustahil sistem akan bekerja dengan cepat, bahkan yang terjadi “lag”.

Namun apakah RAM yang besar pasti membuat kinerja Android menjadi cepat? Jawabannya belum tentu. Karena harus dilihat dari kebutuhan dari si pemakai.

Jika pengguna sering banyak menggunakan aplikasi dan bermain game, tentu RAM besar menjadi pilihannya. Aplikasi dan game akan menguras daya dari RAM, sehingga jika Android dengan RAM yang kapasitasnya kecil, maka dampaknya kinerja smartphone akan berjalan dengan lambat atau “leg”.

Namun, apabila Anda hanya memerlukan Android untuk sekedar mengirim pesan, atau telpon dan tidak suka bermain game, RAM dengan kapasitas yang kecil juga tidak masalah. Pasalnya, nanti akan percuma RAM besar namun aplikasi yang digunakan berukuran kecil, yang ada malah RAM kosong atau bebas justru tidak bermanfaat alias sia-sia. 

Jadi, sebaiknya membeli Android sesuai dengan kebutuhan.

# Kamera

Kamera menjadi bagian favorit dari perangkat yang ada di smartphone Android. Banyak yang mencari smartphone dengan kamera beresolusi/megapiksel yang besar. Padahal megapiksel besar belum tentu akan menghasilkan jepretan dengan kualitas yang bagus. Karena ada bagian yang menjadi pendukungnya, yaitu bukaan kamera, sensor sampai software yang dipakai untuk mengolah hasil jepretan. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles