Wakil Bupati Pangandaran Minta Kepastian Nama Seni Ronggeng

Wakil Bupati Pangandaran Minta Kepastian Nama Seni Ronggeng

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Keberadaan Seni Ronggeng di Kabupaten Pangandaran yang mana sebagai salah satu seni khas dan lahir di Pangandaran. Seiring mekarnya Kabupaten Pangandaran dari Kabupaten Ciamis, seni tradisional menjadi rebutan.

Mahmud, Sekda Kabupaten Pangandaran, mengatakan dalam acara Pasanggiri Ronggeng Amen, bahwa ronggeng merupakan ciri khas Kabupaten Pangandaran yang mana sudah memasyarakat dan sering tampil dalam berbagai kesempatan.

“Selama bekerja di Kabupaten Ciamis, saya mengetahui kesenian ronggeng ini baru tampil dua kali saja. Akan tetapi kalau di Pangandaran justru sudah mendarah daging di masyarakat hingga berbagai kesempatan selalu ada,” katanya, Selasa (21/11/2017).

Dengan digelarnya Pasanggiri Ronggeng ini yang diikuti oleh seluruh jajaran SKPD serta jajaran vertikalnya, lanjut Mahmud, tiada lain untuk menegaskan bahwa ronggeng di Pangandaran untuk lebih memasyarakat.

Sementara itu, Wakil Bupati Pangandaran, H. Adang Hadari, mengatakan, nama ronggeng disebutnya cukup banyak, seperti Ronggeng Gunung maupun Ronggeng Amen. Namun, ia meminta sejumlah pihak untuk menentukan nama jenis seni yang satu ini.

“Jika nantinya sudah ada perubahan nama, namun ciri khas ronggeng jangan sampai ditinggalkan gerak dan seni ronggengnya,” pungkas Adang. (Ntang/R6/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles