Akibat Abrasi Sungai Ciseel, Jembatan Penghubung Antar Kecamatan di Ciamis Terancam

Akibat Abrasi Sungai Ciseel, Jembatan Penghubung Antar Kecamatan di Ciamis Terancam

Pemerintah Desa Purwadadi, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, mendesak pemerintah daerah mengambil tindakan, terkait penanganan abrasi yang terjadi pada sempadan Sungai Ciseel. Foto : Suherman/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Desa Purwadadi, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, mendesak pemerintah daerah mengambil tindakan, terkait penanganan abrasi yang terjadi pada sempadan Sungai Ciseel.

Kepala Desa Purwadadi, Elon Sutendi, ketika ditemui Koran HR di ruang kerjanya, Selasa (28/11/2017) lalu, mengatakan, abrasi yang terjadi di sempadan Sungai Ciseel kini menganggu ketentraman warga. 

“Kami bingung bagaimana caranya menangani abrasi Sungai Ciseel yang saat ini terus mengalami peningkatan. Kami juga tidak habis fikir, kenapa semua keluhan atau usulan kami terkait abrasi ini tidak ada tanggapan sama sekali, baik itu dari pemerintah daerah maupun BBWS Citanduy,” katanya.

Elon mengaku sudah melakukan pendekatan, termasuk mengajukan proposal kepada pemerintah daerah dan BBWS Citanduy. Namun sampai saat ini pemerintah daerah ataupun BBWS Citanduy belum meresponnya. 

“Sampai sekarang belum ada kejelasan terkait penanganan abrasi ini. Padahal ini menyangkut kelangsungan hidup serta ketenteraman warga Purwadadi,” katanya.

Menurut Elon, abrasi Sungai Ciseel juga mengancam keberadaan jembatan dan tanggul. Menurut dia, seandainya tidak segera ditangani, pihaknya khawatir jembatan penghubung antar kecamatan tersebut terputus.

“Jembatan penghubung antar kecamatan ini bisa terancam, mengingat kondisinya sudah mulai mengalami kerusakan akibat abrasi. Kami hanya menyayangkan sikap pemerintah yang terkesan tutup mata. Apa mungkin harus menunggu dulu ada kejadian baru ada penanganan,” katanya. (Suherman/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles