Aplikasi dari Google ini Bisa ‘Melegakan’ Memori Android dan Irit Kuota

08/12/2017 Berita Terbaru , Teknologi
Aplikasi dari Google ini Bisa ‘Melegakan’ Memori Android dan Irit Kuota

Aplikasi Files Go. Foto : net/ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Google baru-baru ini merilis aplikasi untuk Android yang mampu ‘melegakan’ memori smartphone dan membuat irit kuota internet. Aplikasi tersebut yaitu Files Go dan Google Go.

Dikutip dari berbagai sumber, Files Go merupakan aplikasi yang digunakan untuk menerima dan mengirim file tanpa memakai internet. Selain itu, aplikasi ini bermanfaat untuk menata, membersihkan, mengatur dan merapihkan storage atau penyimpanan file dengan cepat.

Cara kerja dari aplikasi Files Go diantaranya merekomendasikan file yang sekiranya perlu dihapus. Contohnya, Files Go akan memberikan saran untuk menghapus apabila ada kumpulan video, foto yang sama dan terulang kembali, aplikasi lama yang tidak digunakan.

Bukan hanya menghapus file atau aplikasi, aplikasi ini juga bisa mentransfer file dari Android Anda ke Android milik orang lain dari jarak dekat. Jadi sama seperti bluetooth atau shareit, cuma Files Go, file yang ditransfer cepat sampai 125 Mbps, terenkripsi, dan tidak memakai kuota internet.

Google Go. Foto : net/ist

Sementara Google Go adalah browser Google yang hemat kuota dan bekerja cepat pada smartphone yang Internet dan Wi-Fi mempunyai keterbatasan, seperti jaringan internet 2G dan RAM smartphone yang kecil.

Aplikasi ini dibuat karena menurut riset yang dilakukan Google, mayoritas masyarakat Indonesia sering mengakses internet di tempat yang kualitas internetnya tidak stabil, dan cenderung menggunakan smartphone yang memorinya hanya 512 MB sampai 1 GB. Sehingga, dengan adanya Google Go internet dan ponsel bisa bekerja dengan cepat meski jaringannya 2G.

Google Go hanya memakai ‘jatah’ memori sebesar 5MB. Dan teknologi ini dapat mengirit kuota internet sampai 40%.

Aplikasi Files Go bisa Anda unduh pada Android yang OS-nya minimal Android 5.0 Lollipop. Sedangkan Google Go yang berada di Play Store adalah versi pratinjau atau preview untuk pengguna di Indonesia dan India. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles